Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Curug di Kabupaten Bogor, Apa yang Mesti Diketahui?

Kompas.com - 13/02/2022, 07:30 WIB
Kompasianer H.I.M,
Farid Assifa

Tim Redaksi

Sumber Kompasiana

KOMPAS.com - Kabupaten Bogor dikenal sebagai surganya air terjun karena terdapat banyak gunung atau dataran tinggi.

Ada sejumlah alasan mengapa orang menyukai air terjun yang dalam bahasa Sunda disebut curug itu.

Selain menjadi wisata olahraga karena memiliki treking menantang, air terjun juga menghadirkan alam indah dan air jernih yang menyegarkan.

Sedikit informasi beberapa lokasi yang menyimpan curug (air terjun) eksotis di Kabupaten Bogor antara lain Kawasan Puncak, Kawasan Gunung Salak, Kawasan Gunung Bunder, Sentul, Jonggol, Leuwiliang dan beberapa spot lainnya.

Curug yang pernah Kompasianer kunjungi antara lain Curug Nangka, Luhur, Bidadari, Ngumpet, Cidulang, Hiji, Ciherang, dan Curug Arca.

Baca juga: 13 Wisata di Majalengka Jawa Barat, dari Curug hingga Terasering

Sejak pelonggaran PPKM, sebenarnya sudah ada beberapa wisata curug yang dibuka di Kabupaten Bogor, terutama yang dikelola mandiri oleh pemerintah desa atau kelompok masyarakat.

Bagi Anda yang tinggal di area Jabodetabek dan berniat ingin berwisata curug di Kabupaten Bogor, ada beberapa hal yang harus diketahui dan dipersiapkan agar liburan tetap terasa menyenangkan.

1. Jenis wisata curug

Wisata curug dibagi menjadi 2 tipe, yaitu wisata premium dan ekonomis.

Wisata premium artinya curug telah dikelola baik oleh pemda, Perum Perhutani ataupun pihak swasta sehingga banyak fasilitas wisata penunjang yang disediakan.

Toilet dan mushala telah tersedia. Akses jalan bagus, area parkir luas dan sebagainya.

Tentu saja tarif masuk pun akan tergolong lebih tinggi berkisar di atas Rp 20.000 per orang, belum termasuk biaya parkir.

Namun demikian, ada biaya lain yang bisa membuat tarif berkunjung menjadi membengkak, sehingga pengunjung bisa menghabiskan uang lebih dari Rp 20.000 per orang. Hal itu karena ada beberapa pungutan liar yang kerap dialami wisatawan.

Bahkan ada kawasan curug tertentu yang mematok biaya retribusi, tiket masuk, dan fasilitas pendukung nyaris mencapai Rp 40.000 per orang.

Adapun wisata curug yang masuk kategori premium antara lain Curug Bidadari di Sentul; Curug Ciherang dan Cipamingkis di Babakan Madang dan; Curug Luhur serta Curug Nangka di kawasan Gunung Salak.

Bagi Anda yang menyukai spot foto instagramable dan tempat bermain anak, curug-curug tadi layak dipilih untuk dikunjungi.

Halaman:
Sumber Kompasiana
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com