Kota dengan Durasi Puasa Terlama dan Tercepat di Indonesia

Kompas.com - 16/04/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Durasi puasa untuk setiap wilayah di dunia, termasuk Indonesia, berbeda-beda. Ada wilayah yang memiliki durasi puasa selama 20 jam, namun ada juga yang jauh lebih singkat.

Seperti yang diketahui, tiap Muslim yang memenuhi syarat wajib menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan, mulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam.

Menurut ahli, rata-rata durasi berpuasa di Indonesia yakni 13 jam 20 menit. Meski begitu, perbedaan letak geografis membuat durasi berpuasa di setiap provinsi di Indonesia tidak sama.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Senin (11/4/2022), Astronom amatir Indonesia sekaligus Pembimbing dan Pendamping Forum Kajian Ilmu Falak (FKIK) Gombong dan Majelis kajian Ilmu Falak (MKIK) Kebumen Jawa Tengah, Marufin Sudibyo mengatakan, kota paling utara memiliki durasi puasa terlama di Indonesia.

Marufin menjelaskan, Kota Sabang di Provinsi Aceh menjadi daerah dengan durasi puasa paling lama di Indonesia untuk periode Ramadhan 1443 Hijriyah.

Baca juga: Jadwal Imsak dan Buka Puasa di Yogyakarta, Senin 11 April 2022

Durasi berpuasa di Kota Sabang yakni sekira 13 jam 28 menit hingga 13 jam 40 menit dari awal hingga akhir Ramadhan.

“Sementara itu, durasi berpuasa terpendek (tercepat) ada di kota paling selatan, yakni di Kota Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi NTT (Nusa Tenggara Timur),” kata Marufin.

Durasi berpuasa di Kota Sabu Barat adalah sekira 13 jam 18 menit hingga 13 jam 5 menit dari awal hingga akhir Ramadhan.

Marufin menambahkan, selisih durasi puasa antar daerah di Indonesia memang relatif singkat, yakni hanya sekira 10 menit pada awal Ramadhan hingga 35 menit pada akhir Ramadhan. Sederhananya, rata-rata durasi puasa di Indonesia adalah 13 jam 20 menit.

Prinsip perhitungan durasi waktu puasa

Durasi puasa terhitung dari awal Subuh hingga awal waktu Maghrib. Awal waktu Subuh ditandai terbitnya cahaya fajar nyata (fajar shadiq) yang bergantung kepada tinggi matahari di bawah horizon.

Baca juga: 5 Buah yang Cocok Jadi Menu Sahur, Bantu Tubuh Tetap Fit saat Puasa

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.