Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Kue Kastengel Keju Cheddar Renyah untuk Sajian Lebaran

Kompas.com - 10/04/2022, 16:30 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Resep kue kastengel keju cheddar semakin banyak dicari menjelang hari raya Idul Fitri 1443 H atau Lebaran 2022.

Pasalnya, kastengel adalah salah satu jenis kue kering khas Lebaran. Biasanya, kue yang memiliki rasa gurih ini hampir selalu tersedia di atas meja saat perayaan Idul Fitri.

Selain untuk sajian di rumah, kue kastengel keju cheddar renyah juga cocok dikemas sebagai hamper untuk diberikan kepada kerabat maupun keluarga.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar kue kastengel keju cheddar yang dibuat memiliki tekstur renyah, salah satunya dengan menambahkan bahan perenyah kue kering, emplex.

Akan tetapi, jika tidak memilikinya atau sulit menemukannya, emplex bisa diganti dengan tepung maizena agar kue kastengel keju cheddar tetap renyah.

Baca juga: Resep Ayam Ungkep Bumbu Kuning, Hemat Waktu Masak untuk Sahur

Keju yang digunakan dalam pembuatan kue kastengel biasanya adalah keju edam. Akan tetapi, keju edam bisa diganti dengan keju cheddar atau parmesan agar lebih murah namun tetap gurih.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Rabu (28/4/2021), berikut ini resep kue kastengel keju cheddar renyah untuk sajian Lebaran 2022, dikutip dari "Resep Favorit Ny.Liem: Kue Kering Cokelat, Kastengels, dan Nastar" oleh Chendawati terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Resep kue kastengel keju renyah

Bahan 1

- 2 kuning telur

- 150 gram margarin

- 150 gram mentega

- 1 sdt garam

- 1 sdt penyedap rasa (opsional)

- 1 sdt emplex (perenyah kue kering)

Bahan 2

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com