Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan Apa Saja yang Bisa Meningkatkan Imunitas Saat Puasa?

Kompas.com - 10/04/2022, 09:54 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - Tubuh cenderung terasa lemas dan tak bertenaga ketika menjalankan ibadah puasa Ramadhan seperti saat ini. Ini dikarenakan perut tidak terisi oleh asupan apa pun selama lebih dari 12 jam.

Agar imunitas tetap terjaga, Anda perlu memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Terlebih lagi umat Islam masih kembali berpuasa di tengah pandemi Covid-19, sehingga perlindungan diri dari paparan virus corona maupun jenis penyakit lainnya juga semakin penting.

Pakar berpendapat pentingnya masyarakat meningkatkan imunitas tubuh selama berpuasa ini.

Baca juga: 6 Manfaat Probiotik untuk Wanita, dari Imunitas hingga Kesehatan Kulit

Spesialis Gizi Klinik di Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong, DR. dr. Yustina Anie Indriastuti, Msc.,Sp.GK, menyebutkan daftar makanan untuk meningkatkan imun selama puasa.

Menurutnya, sejumlah makanan yang dapat meningkatkan imunitas harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, air dan serat.

Kandungan nutrisi tersebut baik untuk imunitas tubuh selama berpuasa, bila dikonsumsi dalam jumlah cukup serta sesuai dengan pola gizi seimbang. Selain itu, pemenuhan cairan saat puasa juga perlu diperhatikan.

Bagi orang dewasa kebutuhan cairan per harinya adalah minimal delapan gelas, Anda dapat menyesuaikannya dengan waktu berbuka dan sahur.

Baca juga: Benarkah Minum Oralit Saat Sahur Bisa Bantu Tubuh Lebih Kuat Puasa?

Daftar makanan yang baik bagi imunitas tubuh

Menurut dr. Yustina, berikut daftar makanan yang dapat dikonsumsi dan membantu tingkatkan imunitas saat puasa:

1. Makanan yang mengandung karbohidrat sebagai sumber zat tenaga seperti nasi, roti gandum, kentang, dan minyak.

2. Makanan dengan protein hewani dan nabati seperti ikan, ayam, telur, susu, tahu, tempe dan kacang-kacangan.

3. Sayuran hijau yang mengandung vitamin C seperti brokoli, kangkung, wortel, tomat, bayam, sawi hijau, serta labu kuning

4. Kemudian konsumsi buah-buahan berwarna kuning kemerahan yang mengandung provitamin A (beta karoten) seperti alpukat, jeruk, pepaya, semangka,belimbing, apel, dan nanas.

"Suplemen dan mineral yang mengandung vitamin C, beta karoten, zinc, vitamin D, seleneum, vitamin E, vitamin B kompleks bisa diberikan (untuk meningkatkan imunitas), terutama pada kelompok risiko seperti lansia," ungkap Yustina, saat dihubungi Kompas.com Minggu (3/4/2022).

Baca juga: Simak, Daftar Makanan yang Meningkatkan Imunitas Tubuh Selama Berpuasa

Aktivitas juga tingkatkan imunitas tubuh

Di samping itu, ia juga membeberkan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas saat puasa, antara lain:

  • Tetap berolahraga atau menjalani aktivitas fisik sesuai dengan kondisi kesehatan
  • Berekreasi dan melakukan kegiatan yang disukai misalnya bermain musik maupun bernyanyi
  • Berpikiran optimis dan positif
  • Beristirahat dan tidur yang cukup
  • Konsumsi makanan saat berbuka dan sahur secukupnya. Artinya, hindari makan secara berlebihan yang berisiko mengganggu sistem pencernaan

Dokter Yustina mencatat beberapa kondisi tertentu yang harus diwaspadai ketika menjalankan puasa Ramadhan, terutama bagi mereka yang memiliki penyakit penyerta seperti diabetes.

Penderita diabetes, kata dia, sebaiknya konsultasi kepada dokter yang menangani untuk mendapatkan jadwal minum obat yang disesuaikan.

"Bila ada gejala 5 L (lesu, letih, lemah, lelah dan lalai), sebaiknya periksa hemoglobin, dan konsultasi ke dokter. Para lansia dan penderita penyakit lain sebaiknya periksa kesehatan dan konsultasi ke dokter sebelum mulai puasa," jelas Yustina.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Zintan Prihatini | Editor: Bestari Kumala Dewi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com