Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Barang Elektronik yang Sebaiknya Tidak Dicolok ke Stopkontak Kabel

Kompas.com - 02/04/2022, 09:00 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Tak semua barang elektronik boleh dicolok ke stopkontak kabel. Pasalnya, beberapa benda elektronik bisa membebani sirkuit stopkontak kabel secara berlebihan.

Mencolok beberapa barang elektronik yang dilarang ke stopkontak kabel dapat berakibat fatal, seperti panas berlebih atau bahkan kebakaran.

Stopkontak kabel (extension stopkontak) adalah soket tambahan untuk memenuhi kebutuhan stopkontak utama yang ada di dinding.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Senin (21/3/2022), berikut ini daftar barang elektronik yang sebaiknya tidak dicolok ke stopkontak kabel:

1. AC

AC dirancang untuk siklus hidup dan mati, serta menarik arus dalam jumlah besar saat dinyalakan.

Baca juga: Daftar Distributor Penjual dan Cara Mendapatkan Meterai Elektronik

Aktivitas tersebut dapat membebani stopkontak kabel dan menyebabkan putusnya arus trip atau panas berlebih yang berbahaya.

Oleh karena itu, steker AC lebih baik dicolokkan ke stopkontak khusus, bukan ke stopkontak kabel agar tetap aman.

2. Kulkas dan freezer

Barang elektronik dengan daya besar, seperti kulkas dan freezer, membutuhkan banyak daya sehingga dapat membebani stopkontak kabel.

Steker kulkas dan freezer harus dipasang langsung ke stopkontak utama. Jika dipasang di stopkontak kabel, risiko yang mungkin terjadi adalah listrik "jetrek" alias listrik padam.

3. Rice cooker

Rice cooker juga termasuk salah satu barang elektronik yang menyedot banyak daya, terutama ketika proses memasak nasi, sehingga tidak aman bila dicolokkan ke stopkontak kabel.

Baca juga: Cara Mudah Bersihkan Alat Masak Silikon dari Noda Membandel

Colokkan steker rice cooker ke stopkontak utama yang ada di dinding, terutama saat benda elektronik tersebut digunakan untuk memasak nasi.

4. Microwave

Microwave adalah barang elektronik dapur yang berfungsi untuk memanggang, memasak, dan memanaskan kembali makanan dalam waktu singkat.

Akan tetapi, penggunaan microwave membutuhkan lebih banyak energi listrik daripada yang dapat disediakan oleh soket tambahan seperti stopkontak kabel.

Seperti oven listrik konvensional, microwave juga harus memiliki stopkontak khusus tersendiri dan tidak bisa digabungkan dengan perangkat elektronik lain.

5. Panggangan roti

Bagian dalam pemanggang roti berisi sekumpulan kabel yang berfungsi untuk meningkatkan suhu hingga panas untuk proses memanggang roti.

Baca juga: Punya Banyak Peralatan Elektronik? Ini Tips Hemat Listrik di Rumah

Tarikan arus yang dibutuhkan panggangan roti dapat menyebabkan stopkontak kabel menjadi terlalu panas.

6. Peralatan perawatan rambut

Diperlukan listrik yang sangat besar untuk memberi daya pada pengering rambut, tongkat pengeriting, dan catokan.

(Penulis: Abdul Haris Maulana)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com