Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Banyak Peralatan Elektronik? Ini Tips Hemat Listrik di Rumah

Kompas.com - 19/12/2021, 21:50 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - Peralatan elektronik di rumah memang dapat membantu berbagai pekerjaan, bahkan bagian dari investasi. Sayangnya, ini biasanya berkorelasi dengan kenaikan konsumsi listrik.

Penggunaan peralatan elektronik tersebut bisa membuat tagihan listrik membengkak, apalagi jika kita menggunakannya secara berlebihan.

Pada dasarnya, hampir setiap sudut ruangan di rumah memiliki potensi penghematan biaya listrik apabila Anda tahu apa yang harus dilakukan.

Dilansir dari Bobvila, Rabu (8/12/2021), berikut delapan tips menghemat biaya listrik di setiap sudut rumah.

1. Pasang kipas loteng

Kipas loteng dapat mengurangi sebagian tekanan dari unit AC dengan menarik udara panas keluar rumah melalui loteng sehingga AC tidak perlu bekerja terlalu keras.

Kipas loteng tidak memerlukan banyak biaya untuk dioperasikan, bahkan ada opsi tenaga surya yang tersedia, yang berarti menggunakan lebih sedikit energi dari matahari.

Baca juga: Tak Perlu Dibongkar, Begini 5 Cara Membersihkan Kipas Angin

2. Gunakan bola lampu hemat energi

Bola lampu hemat energi menggunakan energi antara 25-80 persen lebih sedikit daripada bola lampu tradisional serta lebih tahan lama.

Jadi, ganti semua bola lampu di rumah dengan lampu yang hemat energi demi membuat tagihan listrik berkurang.

3. Gunakan termostat yang dapat diprogram

Memasang termostat yang biasa diprogram benar-benar dapat menghemat biaya listrik.

Menurut Energy.gov, Anda dapat menghemat listrik sebanyak satu persen pada tagihan pemanas musim dingin untuk setiap derajat menurunkan termostat selama delapan jam dan termostat yang dapat diprogram dapat mengotomatiskan penghematan tersebut.

Termostat cerdas yang dapat diprogram juga bisa dijadwalkan secara otomatis menurunkan suhu saat Anda tidur pada malam hari atau saat keluar rumah sehingga akan selalu merasa nyaman, baik secara fisik maupun finansial.

Baca juga: Ikuti 8 Tips Bikin Rumah Tetap Sejuk Hemat Listrik

4. Mencuci pakaian dengan air dingin

Dalam kebanyakan kasus, air dingin dapat membuat pakaian bersih. Sedangkan air hangat atau panas hanya untuk pakaian atau linen yang sangat kotor yang perlu disanitasi.

Semakin sedikit pemanas air yang harus bekerja, semakin banyak uang yang dihemat. Saat melakukannya, hemat air dengan menyetel mesin cuci ke tingkat air yang sesuai dengan jumlah pakaian yang dicuci.

5. Membersihkan kulkas

Pastikan membersihkan kulkas secara teratur dan jangan mengabaikan ventilasi dan kipas.

Dengan menjaga bagian-bagian ini tetap bersih dan bebas penyumbatan, dapat mendorong aliran udara yang optimal, yang akhirnya membuat kulkas bekerja lebih efisien sehingga menghemat biaya listrik.

Baca juga: Ragam Cara agar Pemakaian Kulkas Hemat Listrik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com