Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HET Minyak Goreng Curah Rp 14.000, Sekarang Tembus Rp 19.000 per Liter

Kompas.com - 27/03/2022, 08:32 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) megatur ketentuan Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng curah menjadi Rp 14.000 per liter.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan mengatakan, dengan Permendag itu, pemerintah tidak lagi mengatur harga minyak goreng kemasan dan membiarkannya bergerak sesuai mekanisme pasar.

Sementara itu, untuk minyak goreng curah HET-nya diatur sebesar Rp 14.000 per liter atau setara Rp 15.500 per kilogram.

"Pengecer yang melakukan penjualan minyak goreng curah secara eceran kepada konsumen wajib mengikuti harga eceran tertinggi untuk minyak goreng curah," ujar Oke dalam webinar yang digelar ICMI, Jumat (18/3/2022).

Harga minyak goreng curah tembus Rp 19.000 - Rp 20.000 per liter

Baca juga: Info Pangan Hari Ini: Minyak Goreng Curah Tembus Rp 19.000 Per Kg

Dilansir dari situs wes Informasi Pangan Jakarta, infopangan.jakarta.go.id, harga minyak goreng curah per hari ini Sabtu (25/3/2022) ada di angka Rp 19.047 perkilogram.

Sementara itu, Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (DPP Ikappi) menilai bahwa pemerintah gagal melakukan stabilisasi harga minyak goreng curah sesuai harga eceran tertinggi (HET) Rp 14.000 per liter.

Wasekjend Kebijakan Publik DPP Ikappi Teguh Setiawan mengatakan, berdasarkan laporan yang ia terima dari beberapa wilayah dan beberapa daerah, pedagang di pasar tradisional mengalami kesulitan distribusi dan kesulitan menjual minyak goreng curah.

"Di pasar, pedagang itu sulit mendistribusikan (menjual) minyak goreng. Bahkan yang menyakitkan adalah harga masih di kisaran Rp 20.000 (per liter), padahal harga eceran tertingginya Rp 14.000," ujarnya dalam keterangannya, Jumat (25/3/2022).

Dia menilai, distribusi yang cukup panjang menjadi salah satu faktor pendongkrak harga minyak goreng curah di pasar tradisional.

Baca juga: Minyak Goreng Curah Mulai Langka, Pedagang Pasar Ungkap Penyebabnya

DPP Ikappi juga mengingatkan kepada semua pihak, termasuk Menteri Perekonomian, Menteri Perdagangan, dan produsen untuk memberikan kemudahan-kemudahan dalam distribusi sehingga harga minyak goreng curah bisa turun.

"Kami berharap agar menjelang Ramadhan harga eceran tertinggi dapat direalisasikan di pasar tradisional sehingga masyarakat bisa membeli minyak goreng curah dengan harga yang terjangkau dan menikmati Ramadhan dengan tidak terbebani pembelanjaan yang berat bagi masyarakat," pungkasnya.

(Sumber: Kompas.com Penulis Elsa Catriana | Editor Yoga Sukmana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com