Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Ramadan 2022, Simak Cara Memilih Kurma Ajwa yang Asli

Kompas.com - 26/03/2022, 10:00 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Kurma ajwa menjadi salah satu buah yang banyak dicari menjelang bulan Ramadan atau bulan puasa.

Kurma ajwa disebut sebagai jenis kurma yang pertama kali ditanam oleh Nabi Muhammad SAW, sehingga banyak orang mencari dan menyukai jenis kurma tersebut.

Meski begitu, harga kurma ajwa di pasaran cukup mahal, sehingga tak semua orang dapat membeli dan mengonsumsinya.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (13/4/2021), harga kurma ajwa relatif lebih mahal dibandingkan kebanyakan jenis kurma lainnya.

Penyebab kurma ajwa mahal

Dilansir dari DNA India melalui KOMPAS.com, kelompok masyarakat yang lebih mengutamakan nilai religius dan khasiatnya bagi kesehatan, kurma ajwa tetap disukai meskipun harganya relatif mahal.

Baca juga: Daftar Buah-buahan yang Aman Dimakan Kucing

Kurma ajwa tetap digemari meski harganya mahal karena kurma ini diyakini sebagai salah satu buah favorit Nabi Muhammad SAW.

Masyarakat pun percaya bahwa kurma ajwa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, sebagaimana yang disebutkan dalam hadis.

Kurma ajwa dapat melindungi tubuh dari sel kanker dan racun berbahaya.

Kurma ajwa juga diyakini mampu mencegah penyakit kanker dan melawan racun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Dilansir dari Arab News melalui KOMPAS.com, kurma ini mengandung protein, asam folat, zat besi, kalsium, dan antioksidan yang cukup tinggi.

Baca juga: Smoothie Buah Tropis: Hamper Isoman yang Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Bukan cuma soal nilai religius dan khasiat kesehatannya, kurma ajwa dibanderol dengan harga tinggi juga karena memiliki kualitas dan rasa yang berbeda dari jenis kurma lainnya.

Kurma ajwa memiliki rasa yang mirip dengan kismis, tidak terlalu manis dan terdapat sedikit rasa asam. Selain itu, daging buah kurma ajwa juga cukup tebal dan lembut saat dikunyah.

Cara memilih kurma ajwa yang asli

Biasanya, seseorang membeli kurma ajwa bukan hanya untuk konsumsi pribadi, tetapi juga untuk dibagikan atau menjadi hadiah kepada orang lain.

Di beberapa toko, kurma ajwa dibungkus dengan kemasan yang mewah. Bahkan di Arab, banyak yang menjual kurma ajwa yang telah dilapisi cokelat, madu, atau bubuk buah kering.

Pilih kurma ajwa yang berukuran kecil dan memiliki garis tengah di permukaanya. Pasalnya, kedua hal itu yang menjadi tanda bahwa kurma ajwa yang dibeli memang asli dan telah matang sempurna.

(Editor: Lea Lyliana)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com