Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smoothie Buah Tropis: Hamper Isoman yang Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Kompas.com - 19/02/2022, 08:16 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - Siapa bilang buah tropis hanya bisa dimakan langsung? Buah tropis seperti nanas dan mangga juga bisa digunakan untuk membuat smoothie yang menyehatkan.

Minuman berbahan dasar buah, susu, dan sayuran ini mulai banyak digemari karena mengandung berbagai serat dan vitamin, sekaligus membuat perut terasa kenyang.

Smoothie memberi tubuh banyak nutrisi dan antioksidan, serta mampu menurunkan berat badan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Nah, kombinasi dua jenis buah tropis ini dapat menghasilkan rasa smoothie yang segar, manis, dan asam.

Selain kaya nutrisi, smoothie buah tropis ini bisa jadi hantaran untuk teman yang isolasi mandiri (isoman) karena Covid-19.

Baca juga: Beda Jus dan Smoothie, Sering Dianggap Sama

Manfaat kesehatan lain: turunkan berat badan

Di samping manfaat yang sudah disebutkan itu, smoothie juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

Hal ini diungkapkan oleh Laura Burak, MS, RD, penulis "Slimdown with Smoothies" sekaligus pendiri Laura Burak Nutrition, layanan konsultasi nutrisi di AS.

"Smoothie terbaik untuk menurunkan kolesterol adalah yang mengandung bahan-bahan yang bila dikonsumsi secara konsisten," kata Laura.

Laura menambahkan, smoothie juga bisa menjadi bagian dari pola makan dan gaya hidup sehat secara keseluruhan sehingga dapat membantu meningkatkan rasio lipid.

Ia menyarankan untuk membuat smoothie yang kaya serat dan lemak omega-3 yang menyehatkan, seperti menggunakan alpukat, biji-bijian, kacang-kacangan, buah dan sayuran, baik segar maupun beku.

Serat sangat penting untuk menurunkan dan menjaga kadar kolesterol, sebab serat larut yang ditemukan dalam gandum, apel, dan pir dapat membantu mengurangi kadar kolesterol yang diserap aliran darah.

Baca juga: Resep Smoothie untuk Turunkan Kolesterol, Tetap Lezat dan Bergizi

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal menemukan bahwa makan 70 gram gandum yang mengandung sekitar 3 gram serat setiap hari menurunkan kolesterol jahat LDL dan kadar kolesterol total.

Asam lemak omega 3 telah dikenal dapat membantu menurunkan trigliserida, lemak yang ditemukan dalam darah, dan kolesterol LDL.

Sebuah laporan dari Nutrients menyatakan bahwa salah satu manfaat terbaik omega-3 bagi kolesterol adalah meningkatkan kolesterol HDL. Adapun, kolesterol HDL dikenal sebagai kolesterol yang baik bagi tubuh seseorang.

Resep smoothie buah tropis

Berikut resep smoothie buah tropis dari "Healty Easy and Yummy! Smoothie" (2013) oleh Dapur Kirana terbitan PT Gramedia Pustaka Utama yang bisa jadi inspirasi.

Bahan

  • 500 ml jus nanas
  • 200 ml susu cair
  • 200 gram mangga, potong kecil
  • 150 gram pepaya, potong kecil (bisa diganti pisang beku)
  • 2 sdm gula atau pemanis untuk diet
  • Es batu secukupnya
  • Irisan buah mangga untuk hiasan

Baca juga: Resep Smoothie Buah Tropis, Bisa Jadi Hamper Isoman

Cara membuat smoothie buah tropis

  1. Campur semua bahan ke dalam blender, haluskan. Tuang ke dalam gelas lalu beri irisan mangga.
  2. Hidangkan sesegara mungkin selagi dingin

Sumber: Kompas.com (Penulis: Lea Lyliana, Yefta Christopherus Asia Sanjaya | Editor: Sekar Langit Nariswari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com