Khasiat Madu dalam Menjaga Sistem Imunitas Tubuh

Kompas.com - 12/03/2022, 11:30 WIB

KOMPAS.com - Madu sudah dikenal luas sebagai cairan alami yang berkhasiat bagi tubuh dan dapat dikonsumsi manusia sejak zaman nenek moyang berabad-abad lamanya.

Madu mempunyai beragam manfaat kesehatan yang dapat membantu memaksimalkan sistem imunitas tubuh.

“Sistem imun merupakan semua mekanisme tubuh untuk mempertahankan keutuhannya terhadap bahaya, baik yang berasal dari luar tubuh maupun dari dalam tubuh sendiri,” ujar Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia Dr. (Cand) dr. Inggrid Tania, M.Si dalam seminar yang diadakan Combiphar, Rabu (9/3/2022).

Kekebalan tubuh diperlukan untuk memberikan pertahanan terhadap patogen dan melindungi tubuh, terutama dari infeksi.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjaga Imunitas Tubuh Selama Pandemi Covid-19? Ini Saran Dokter

Pentingnya menjaga sistem imunitas atau kekebalan tubuh

Sistem kekebalan yang lemah dapat menjadi penyebab meningkatnya kerentanan tubuh terhadap infeksi dan memungkinkannya menjadi lebih parah.

“Infeksi dalam tubuh memunculkan respons inflamasi atau peradangan sebagai reaksi sistem kekebalan tubuh alami untuk melawan serangan penyakit,” tutur dia.

Meskipun mempunyai fungsi yang baik, lanjut Inggrid, proses inflamasi yang terjadi dalam jangka panjang terkadang merugikan dan membahayakan bagi tubuh.

“Sehingga mengurangi peradangan penting untuk dilakukan, salah satunya melalui pemenuhan nutrisi yang mengandung zat-zat yang dapat menghambat terjadinya peradangan yang berlebihan,” kata Inggrid menjelaskan manfaat madu untuk membentuk sistem imunitas tubuh.

Baca juga: Bantu Meningkatkan Imunitas, Ini 4 Bahan Herbal yang Cocok Dicampur Madu

Manfaat madu dalam pengoptimalan sistem kekebalan tubuh

Dokter Inggrid memaparkan, status nutrisi yang buruk atau defisiensi mikronutrien dan ketidakseimbangan status oksidan-antioksidan dalam tubuh seringkali dikaitkan dengan inflamasi dan stres oksidatif.

Selain itu, status nutrisi yang buruk juga berkaitan dengan peningkatan risiko infeksi, yang nantinya dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.