Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Mini yang Cocok untuk Ruangan Sempit

Kompas.com - 06/03/2022, 14:54 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - Memiliki tanaman dalam ruangan dapat mengubah nuansa terasa lebih cerah, menyegarkan ruangan, dan mengubah stres.

Tak jarang keterbatasan ruang membuat banyak orang merasa kesulitan, bahkan enggan menghadirkan tanaman ke rumah mereka.

Padahal, ada banyak jenis tanaman yang dapat bekerja baik di ruang kecil.

Misalnya, memilih tanaman dengan varietas kecil, lambat tumbuh, minim perawatan, dan tanaman yang senang tetap kecil. Bisa pula memilih tanaman yang menggunakan pot kecil.

Dengan menggunakan pot kecil dan dimulai dengan tanaman mini, Anda dapat membatasi pertumbuhan tanaman.

Tanaman sukulen dikenal paling cocok untuk ruang kecil. Selain itu, banyak jenis sukulen yang pertumbuhannya lambat, jadi mereka cenderung tumbuh lebih kecil di ruang kecil dalam jangka panjang.

Dikutip dari Real Estate, Jumat (18/2/2022), berikut pilihan tanaman mini yang cocok dan dapat mempercantik ruang kecil, baik rumah, apartemen, atau sudut ruangan.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Lidah Mertua agar Tumbuh Subur dan Sehat

1. Senecio

Ilustrasi tanaman Senecio rowleyanusShutterstock/MariaNikiforova Ilustrasi tanaman Senecio rowleyanus

Ini adalah kelompok tanaman kecil lainnya, termasuk untaian mutiara (Senecio rowleyanus) hingga varietas tongkat kapur biru yang menarik (Senecio serpens).

Kedua varietas tanaman hias senecio ini bekerja dengan baik di dalam ruang kecil. Gunakan Senecio rowleyanus sebagai tanaman gantung di ruang vertikal yang nyaman dan Senecio serpens di pot mini di bangku dapur.

2. Lidah buaya

Ilustrasi tanaman lidah buaya jenis Aloe brevifolia.PIXABAY/ABEL DOMINGUEZ Ilustrasi tanaman lidah buaya jenis Aloe brevifolia.

Lidah buaya terkenal memiliki khasiat pada gelnya seperti menyembuhkan luka bakar dan merawat kesehatan kulit serta rambut.

Namun, tahukah Anda bahwa lidah buaya dapat tumbuh dengan baik sebagai tanaman kecil? Lidah buaya bisa menjadi besar, tetapi menghasilkan banyak anak atau cabang di sekitar pangkal tanaman utama.

Cabang-cabangnya sempurna untuk berkebun di ruang kecil. Cabang ini tumbuh dengan mudah di dalam ruangan atau ambang jendela.

Baca juga: Khasiat Lidah Buaya untuk Menurunkan Berat Badan

3. Echeveria

Ilustrasi tanaman Echeveria Shutterstock/JIB Liverpool Ilustrasi tanaman Echeveria

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com