Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tanaman Hias Indoor Warna-warni yang Mampu Mencerahkan Ruangan

Kompas.com - 05/03/2022, 07:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias indoor atau tanaman dalam ruangan yang berwarna-warni tidak hanya akan mencerahkan ruangan yang suram, tetapi juga dapat meningkatkan suasana hati Anda.

Dikutip dari Real Simple, Sabtu (5/3/2022), warna dapat memengaruhi suasana hati kita. Adapun sebuah studi tahun 2015 menunjukkan bahwa tanaman hias dapat mengurangi stres psikologis dan fisiologis.

Jika Anda mencari cara untuk menambahkan semburat warna ke rumah dan sekaligus meningkatkan suasana hati, pertimbangkan untuk menambahkan salah satu tanaman hias penambah suasana hati yang penuh warna ini ke rumah.

Baca juga: Alasan Kucing Suka Menggosokkan Tubuh ke Tanaman Hias

Ilustrasi tanaman hias Geogenanthus. SHUTTERSTOCK/KHAIRIL AZHAR JUNOS Ilustrasi tanaman hias Geogenanthus.

1. Geogenanthus

Meskipun Geogenanthus adalah tanaman berdaun gelap, warna ungu-hitamnya membuatnya menonjol untuk ruang putih cerah atau warna-warni yang berani.

Justin Hancock, ahli hortikultura di Costa Farms, mengatakan, tanaman ini lebih menyukai kelembapan rata-rata daripada di atas rata-rata.

"Ini adalah pilihan yang baik untuk dapur, kamar mandi, terarium, atau tempat lain yang sedikit lebih lembap di udara," jelasnya.

Tanaman ini membutuhkan cahaya yang sedang hingga tinggi. Geogenanthus membutuhkan air dalam jumlah sedang, namun kelembapan yang dibutuhkan cukup tinggi.

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Rumah dengan Tanaman Hias

2. Sirih gading Baltic Blue

Pothos atau sirih gading adalah salah satu tanaman hias yang paling mudah untuk tumbuh. Adapun sirih gading Baltic Blue benar-benar bisa mencerahkan ruangan Anda.

Menampilkan daun hijau kebiruan memanjang, tanaman hias ini adalah tambahan yang bagus untuk ruangan dengan cahaya terang dan tidak langsung.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com