Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Tanaman Hias Indoor Warna-warni yang Mampu Mencerahkan Ruangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias indoor atau tanaman dalam ruangan yang berwarna-warni tidak hanya akan mencerahkan ruangan yang suram, tetapi juga dapat meningkatkan suasana hati Anda.

Dikutip dari Real Simple, Sabtu (5/3/2022), warna dapat memengaruhi suasana hati kita. Adapun sebuah studi tahun 2015 menunjukkan bahwa tanaman hias dapat mengurangi stres psikologis dan fisiologis.

Jika Anda mencari cara untuk menambahkan semburat warna ke rumah dan sekaligus meningkatkan suasana hati, pertimbangkan untuk menambahkan salah satu tanaman hias penambah suasana hati yang penuh warna ini ke rumah.

1. Geogenanthus

Meskipun Geogenanthus adalah tanaman berdaun gelap, warna ungu-hitamnya membuatnya menonjol untuk ruang putih cerah atau warna-warni yang berani.

Justin Hancock, ahli hortikultura di Costa Farms, mengatakan, tanaman ini lebih menyukai kelembapan rata-rata daripada di atas rata-rata.

"Ini adalah pilihan yang baik untuk dapur, kamar mandi, terarium, atau tempat lain yang sedikit lebih lembap di udara," jelasnya.

Tanaman ini membutuhkan cahaya yang sedang hingga tinggi. Geogenanthus membutuhkan air dalam jumlah sedang, namun kelembapan yang dibutuhkan cukup tinggi.

2. Sirih gading Baltic Blue

Pothos atau sirih gading adalah salah satu tanaman hias yang paling mudah untuk tumbuh. Adapun sirih gading Baltic Blue benar-benar bisa mencerahkan ruangan Anda.

Menampilkan daun hijau kebiruan memanjang, tanaman hias ini adalah tambahan yang bagus untuk ruangan dengan cahaya terang dan tidak langsung.


"Ini sangat efektif di ruang tamu, ruang kerja, atau ruang lain di mana Anda dapat membiarkannya tumbuh secara vertikal, sehingga daunnya menjadi lebih besar dan bahkan lebih menonjol seiring waktu," tutur Hancock.

Tanaman ini membutuhkan cahaya sedang hingga tinggi. Kebutuhan airnya sedang, tetapi biarkan mengering di antara penyiraman.

3. Alocasia Silver Dragon

Menampilkan daun hijau tebal dengan lapisan perak, alocasia ini membuat tambahan yang elegan untuk koleksi tanaman dalam rumah Anda. Hancock mengatakan, tanaman ini dapat disandingkan dengan Geogenanthus karena kebutuhan berkembang serupa.

Alocasia ini membutuhkan cahaya yang sedang hingga tinggi. Tanaman ini membutuhkan air dalam jumlah sedang, namun kelembapan yang dibutuhkan cukup tinggi.

4. Sirih gading Global Green

Sirih gading berwarna cerah ini adalah varietas baru yang menampilkan variasi hijau-hijau yang indah.

"Kami telah menemukan bahwa itu sama tolerannya terhadap berbagai kondisi cahaya dan kelembapan seperti sirih gading emas yang bagus, hanya dengan tampilan baru yang segar," ucap Hancock.

Tanaman ini menoleransi cahaya rendah, tetapi tumbuh paling baik dalam cahaya sedang dan tinggi. Kebutuhan airnya sedang, tetapi biarkan mengering di antara penyiraman.

5. Peperomia Schumi Red

Tanaman ini memilikil daun berwarna merah-ungu metalik dengan tekstur bergelombang yang menarik. Ini akan memberikan semburan warna di sudut terang rumah.

"Ini adalah tanaman hias kecil, yang membuatnya menjadi rekan kerja yang sempurna di meja Anda," sebut Hancock.


Tanaman ini membutuhkan cahaya sedang hingga tinggi, dengan kebutuhan air sedang.

6. Tanaman Stromanthe

Stromanthe cocok untuk Anda yang menyukai warna pink atau merah jambu. Keindahan warna-warni pastel ini menampilkan kombinasi cantik antara merah muda, krem, dan hijau.

"Saat siang hari memudar, daun Stromanthe terangkat ke langit, memamerkan tidak hanya mobilitasnya, tetapi juga warna mencolok di bawah daunnya," kata Sadie Oldham, direktur merek di Greendigs

Tanaman ini membutuhkan cahaya sedang hingga tinggi. Kebutuhan airnya sedang, tetapi membutuhkan kelembapan tinggi.

7. Philodendron Moonlight

Philodendron moonlight menampilkan daun berenda dan dipotong dalam dalam warna hijau cemerlang. Seperti philodendron lainnya, jenis ini mudah tumbuh hampir di mana saja.

"Tanaman apa pun yang memberi banyak nuansa hijau tanpa menuntut imbalan banyak, layak dimiliki di rumah Anda," ungkap Oldham.

Tanaman ini menoleransi cahaya rendah tetapi akan berkembang dalam cahaya sedang hingga tinggi. Kebutuhan airnya sedang, tetapi biarkan mengering di antara penyiraman.

8. Dracaena marginata atau dragon tree

Tanaman ini tumbuh lambat dan bebas perawatan, cocok untuk pemula.

Dragon tree memiliki daun runcing hijau dan merah muda panjang dengan warna merah muda di tepinya.

 

"Fleksibilitasnya berarti bahwa dragon tree sangat bagus sebagai pusat perhatian, tetapi juga menyelinap dengan rapi ke sudut yang tenang," terang Oldham.

Tanaman ini membutuhkan cahaya dan air sedang.

9. Anthurium

Anthurium memiliki bunga merah yang tahan lama dan tebal yang kontras dengan daun besarnya yang mengkilap.

"Setiap rumah memiliki tempat yang membutuhkan tanaman dengan status diva, dan di sinilah anthurium Anda pergi," kata Oldham.

Tanaman ini memang membutuhkan perhatian, tetapi akan menghadiahi Anda dengan bunga yang menarik perhatian pula. Tanaman anthurium membutuhkan cahaya terang tapi tidak langsung.

Kebutuhan airnya sedang, tetapi membutuhkan kelembapan tinggi.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/05/071400476/9-tanaman-hias-indoor-warna-warni-yang-mampu-mencerahkan-ruangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke