Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Warisan Budaya Dunia UNESCO di Ukraina, Ada yang Dibangun di Abad ke-5 Sebelum Masehi

Kompas.com - 27/02/2022, 14:13 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.Com - Ukraina saat ini tengah menjadi sorotan dunia. Hal itu disebabkan oleh operasi militer khusus yang dilancarkan oleh Rusia ke Ukraina sejak Kamis (24/2/2022) lalu.

Terlepas dari konfliknya dengan Rusia, Ukraina ternyata memiliki sejumlah warisan budaya dunia (world heritage list) UNESCO.

UNESCO sendiri merupakan organisasi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan yang menjadi bagian dari Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Berdasarkan informasi dari situs World Heritage Convention UNESCO, terdapat tujuh situs warisan budaya dunia UNESCO di Ukraina. Ini terdiri dari warisan budaya dan situs alam. Lokasi warisan dunia tersebut tersebar di kota-kota di Ukraina.

Baca juga: 7 Warisan Budaya UNESCO yang Terancam Akibat Perang Rusia-Ukraina

Berikut adalah daftarnya.

1. Kota kuno Chersonese

Kota kuno Chersonese di Ukraina, warisan dunia versi UNESCO yang terancam akibat perang Rusia-Ukraina.
Vadym Lavra/Shutterstock Kota kuno Chersonese di Ukraina, warisan dunia versi UNESCO yang terancam akibat perang Rusia-Ukraina.

Chersonese merupakan situs warisan dunia yang berupa sisa-sisa bangunan kota peninggalan Yunani Dorian atau Yunani kuno.

Diperkirakan kota ini sudah ada sejak abad ke-5 sebelum masehi. Sisa koloni Yunani kuno ini berada di pantai utara Laut Hitam, tepatnya di bagian barat daya Semenanjung Krimea.

Situs ini memiliki sisa beberapa kompleks bangunan, seperti perumahan, monumen, permukiman zaman batu dan perunggu, benteng menara Romawi, dan perkebunan.

Semenanjung Krimea sendiri termasuk wilayah konflik antara Rusia dan Ukraina, serta menjadi salah satu pemicu memanasnya hubungan antara dua negara bertetangga tersebut.

2. Katedral Saint Sophia dan Pechersk Lavra

Katedral Saint Sophia dan Pechersk Lavra sama-sama terletak di Ibu Kota Ukraina, Kiev. Keduanya merupakan bangunan yang sangat bersejarah.

Seperti Katedral Saint Sophia. Dibangun pada abad ke-11 masehi, Katedral Saint Sophia disebut dibangun untuk menyaingi Hagia Sophia di Konstantinopel masa itu.

Sementara Pechersk Lavra merupakan sebuah biara yang berkontribusi terhadap penyebaran Kristen Ortodoks di Rusia dari abad ke-17 hingga ke-19.

Baca juga: 9 Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO di Indonesia

3. Kota pusat sejarah, Lviv

Kota Lviv berada di Ukraina bagian barat. Kota ini, oleh UNESCO, dimasukkan sebagai salah satu kota pusat sejarah dunia.

Kota yang didirikan pada akhir abad pertengahan ini, merupakan pusat administrasi, keagamaan, dan komersial yang berkembang pesat selama beberapa abad. Topografi perkotaan khas abad pertengahan juga dipertahankan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com