Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Nova Kakhovka Ukraina Dilaporkan Telah Jatuh ke Tangan Rusia

Kompas.com - 27/02/2022, 13:44 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber BBC

NOVA KAKHOVKA, KOMPAS.com – Media Ukraina melaporkan, sebuah Kota di Oblast Kherson di Ukraina selatan telah diambil alih oleh Rusia.

Diberitakan BBC, Minggu (27/2/2022), Pasukan Rusia kini menduduki Nova Kakhovka atau New Kakhovka.

Nova Kakhovka adalah kota kecil tetapi terletak secara strategis di Sungai Dnieper yang secara langsung memasok semenanjung Crimea dengan saluran air.

Baca juga: Semakin Banyak Orang Rusia Menentang Invasi Negaranya ke Ukraina

Dilaporkan, Walikota Nova Kakhovka, Volodymyr Kovalenko, mengatakan bahwa pasukan Rusia telah menyita komite eksekutif kota dan menghapus semua bendera Ukraina dari gedung-gedung.

Analis telah mencatat bahwa kemajuan serangan Rusia dari selatan telah menjadi salah satu yang paling sukses sejauh ini, dengan pasukan Rusia mengancam Kherson, Mykolaiv, dan Melitopol.

Pejabat Ukraina: Rusia telah memasuki Kharkiv

Sementara itu, Pejabat Kota Kharkiv menyebut, pasukan Rusia telah memasuki Kharkiv yang notabene adalah kota terbesar kedua di Ukraina.

Kepala pemerintahan daerah Kharkiv, Oleg Sinegubov, mengatakan bahwa kendaraan militer ringan telah "mendobrak kota".

Sebelum pernyataannya keluar, sebuah rekaman video muncul, menunjukkan beberapa mobil militer Rusia mengemudi di jalan-jalan kota.

Sinegubov telah mendesak penduduk untuk tetap tinggal di dalam, mengatakan pasukan Rusia tampaknya berada di pusat kota.

Baca juga: Profil Spetsnaz, Pasukan Elite Rusia, Hanya Terjun dalam Misi Besar

"Jangan tinggalkan tempat perlindungan! Angkatan Bersenjata Ukraina sedang melenyapkan musuh. Warga sipil diminta untuk tidak turun ke jalan," kata dia, dikutip dari BBC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com