Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Menarik Ekor Kucing Berbahaya? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 06/02/2022, 21:38 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Pemilik kucing seringkali suka mengajak peliharaannya itu bermain karena dianggap lucu.

Namun, ketika sedang bermain dengan kucing, pemilik jangan sampai sekali-kali mencoba menarik ekor kucing.

Dikutip dari channel YouTube dr_mirzayusa, Sabtu (5/2/2022), dijelaskan bahwa menarik ekor kucing merupakan tindakan yang sangat membahayakan bagi kucing.

Kenapa menarik ekor kucing berbahaya?

Untuk mengetahuinya lebih jelas, pada artikel ini akan dibahas mengenai bahaya menarik ekor kucing, berikut di antaranya.

Dokter hewan Mirza Yusa menjelaskan bahwa tulang ekor kucing merupakan perpanjangan dari tulang belakang.

Ia mengatakan bahwa pada bagian tulang belakang terdapat spinal cord, atau juga medula spinalis, atau juga STB (sumsum tulang belakang).

Dan yang perlu diketahui, di bagian-bagian tulang belakang tersebut terdapat banyak kumpulan saraf-saraf yang langsung terhubung dengan otak.

Baca juga: Jangan Pernah Menarik Ekor Kucing, Ini Bahayanya

Di bagian sumsum tulang ini ada yang namanya cauda equina, yakni merupakan kumpulan saraf-saraf yang terdapat di pinggul hingga ke pangkal ekor, yang mana fungsinya itu berbeda-beda.

"Jadi ada saraf yang mengatur tentang proses kencing, kemudian ada saraf yang mengatur tentang BAB (buang air besar). Nah, jika saraf-saraf ini ketarik, otomatis banyak resiko yang muncul seperti susah pipis, kemudian juga defekasi atau susah BAB," kata dokter Mirza.

Selain itu, menarik ekor kucing juga banyak menghadirkan risiko-risiko lain yang muncul karena kumpulan saraf itu mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Bahkan, menarik ekor kucing juga berpotensi dapat menyebabkan kelumpuhan pada kucing.

Maka dari itu, menarik ekor kucing akan berisiko yang dapat menimbulkan cedera pada cauda equina atau kumpulan saraf-saraf.

Lebih lanjut, dokter Mirza mengimbau kepada para pemilik kucing yang memiliki anak kecil agar anak-anaknya tidak menarik-narik ekor kucing peliharaannya.

Jadi, para orangtua perlu memberi edukasi dan pemberitahuan kepada anak-anaknya tentang bahaya dari menarik-narik ekor kucing dan berbagai hal lainnya.

(Sumber : Kompas.com Penulis Abdul Haris Maulana | Editor Abdul Haris Maulana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com