Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Alasan Kenapa Kucing Suka Tidur dengan Pemiliknya

Kompas.com - 05/02/2022, 17:40 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Terkadang kucing memilih tidur di kolong meja atau kursi dan menjauh dari pemiliknya. Namun, terkadang kucing menjadi lebih manja dengan tidur dekat dengan pemiliknya.

Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang menggemaskan karena beragam tingkah lakunya yang lucu.

Melansir dari Reader's Digest, Kamis (5/8/2021), sebenarnya ada beberapa alasan kucing suka tidur dengan pemiliknya seperti berikut ini.

Alasan kucing suka tidur dekat pemiliknya

Mencari kehangatan

Delgado mengatakan suhu tubuh normal kucing mencapai 38 derajat Celsius. Tak heran, Anda akan menemukan kucing tertidur di jendela yang cerah untuk menyerap sebanyak mungkin kehangatan, termasuk meringkuk di sebelah Anda guna memperoleh kehangatan.

Mencari keamanan

Kucing selalu siap menyerang atau membela diri. Jadi, meski kucing peliharaan tampak kedinginan, sebenarnya sahabat bulu masih sangat waspada terhadap suara atau bau apa pun.

Namun, perlu diketahui bahwa tidur adalah keadaan kucing yang paling rentan.

“Karena kucing selalu siap beraksi, masuk akal jika mereka mencari perlindungan ekstra dengan meringkuk di samping pemiliknya,” kata Mikel Delgado, pakar perilaku kucing di Rover.

Kucing menganggap pemiliknya dapat memberi keamanan ekstra saat mereka tidur atau dalam keadaan rentan. Jika kucing tidur di dekat Anda, itu berarti mereka mempercayai dan merasa aman berada bersama Anda.

Kucing ingin terikat

Jika Anda bertanya-tanya mengapa kucing tidur di atas saya, mungkin karena kucing mencoba memberi tahu Anda bahwa mereka mencintaimu.

“Bukan hal aneh bagi kucing melakukan 'bantalan' pada waktu tidur. Kucing merasa sebagai satu-satunya kucing di rumah sehingga suka menggunakan Anda sebagai alternatif,” kata Delgado.

Menandai wilayah miliknya

Kucing suka mengklaim wilayah mereka dengan menandainya menggunakan aroma mereka. Ketika kucing tidur bersama Anda, mereka mungkin menandai Anda sebagai miliknya.

Perubahan perilaku

Apabila kucing tidur di atas Anda hampir setiap malam, biasanya tidak ada alasan untuk mengkhawatirkannya.

Namun, bila kucing tidur lebih banyak dari biasanya dan lemas, segera membawanya ke dokter hewan.

“Jika kucing belum pernah tidur di atas Anda sebelumnya dan tiba-tiba mulai tidur, perhatikan baik-baik tanda penyakit lainnya. Perubahan perilaku terkadang bisa menjadi petunjuk pertama bahwa ada sesuatu yang salah,” ucap Delgado.

Menyukai aroma rambut Anda

Jika kucing suka tidur di dekat kepala Anda, hal itu mungkin karena tubuh Anda melepaskan banyak panas dari sana saat tidur sehingga membuat kucing nyaman.

Alasan lain kucing suka tidur di dekat kepala adalah menyukai aroma sampo dan minyak rambut alami Anda.

(Sumber : Kompas.com Penulis Aniza Pratiwi | Editor Esra Dopita Maret)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com