Diklaim Sebagai Varian Baru Virus Corona, Apa Itu Virus NeoCov?

Kompas.com - 05/02/2022, 08:30 WIB

KOMPAS.com - Belum lama ini, ilmuwan asal China mengaku menemukan virus yang diklaim sebagai varian baru virus Corona.

Dilansir dari The Independent melalui KOMPAS.com, virus yang disebut NeoCov Coronavirus itu disebut memiliki tingkat infeksi dan menyebabkan kematian yang lebih tinggi daripada SARS-CoV-2 penyebab pandemi Covid-19.

Apa itu NeoCov?

Berdasarkan laporan dari ilmuwan China yang belum ditinjau sejawat itu, virus NeoCov bukan varian baru dari virus corona yang menyebabkan pandemi Covid-19 saat ini.

NeoCov adalah virus yang berasal dari jenis virus corona yang berbeda. Virus NeoCov terkait dengan sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS-CoV).

Asal-usul Mers-CoV pun tidak sepenuhnya diketahui. Virus tersebut bersifat zoonosis, yakni dapat menular antara hewan dengan manusia, serta dapat menular melalui kontak langsung atau tidak langsung dengan hewan.

Baca juga: Fakta-fakta Virus NeoCov yang Diklaim Ilmuwan China sebagai Varian Covid Baru

Selama ini, MERS-CoV dikenal sebagai virus Corona yang ditularkan unta dromedari yang terinfeksi kepada manusia.

Menurut hasil penelitian, para ilmuwan China pun memperingatkan bahwa virus NeoCov dapat berbahaya jika ditularkan kelelawar kepada manusia.

Selain itu, NeoCov pun saat ini diduga tidak bisa diatasi oleh antibodi manusia yang selama ini dilatih untuk menargetkan SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19, dan MERS-CoV.

Para ilmuwan China juga menambahkan, NeoCov berpotensi menginfeksi manusia, meski sejauh ini tidak belum diketahui kecepatan penularannya dan tingkat keparahan infeksinya.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Sabtu (29/1/2022), ahli virus di Universitas Warwick, Profesor Lawrence Young mengatakan, perlu penelitian lebih lanjut terhadap virus NeoCov.

Baca juga: Cara Mencegah Infeksi Florona, Gabungan Influenza dan Virus Corona

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.