Sosiolog: Pemindahan Ibu Kota Penting untuk Disrupsi Jejak Kolonial

Kompas.com - 31/01/2022, 18:45 WIB
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Sosiolog Roby Muhamad memiliki pendapat sendiri tentang pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur. 

Menurut Roby, pemindahan ibu kota itu penting dilakukan untuk menghapus jejak-jejak kolonial. Sebab, ibu kota Indonesia yang sekarang, Jakarta, merupakan warisan kolonial.

"Pemindahan ibu kota negara untuk disrupsi jejak-jejak kolonial," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Senin (31/1/2022).

Roby menjelaskan, ada dua poin yang perlu disampaikan terkait pemindahan ibu kota baru ini.

Poin pertama, menurut dia, keputusan besar seperti pemindahan ibu kota baru harus dilihat dari konteks makro yang besar, bukan hanya dari hal teknis.

Kalau hanya berdasarkan pertimbangan ekonomi atau bisnis, lanjut Roby, keputusan sebesar ini tidak akan masuk logika. Pemindahan ibu kota ini tidak akan berdampak langsung secara ekonomi, malah akan rugi.

Hal ini, kata dia, mirip saat pendiri negara mengambil keputusan besar saat itu, yakni proklamasi kemerdekaan Indonesia.

"Kalau dihitung secara ekonomi, nggak akan masuk, kita rugi. Ngapain kita ngelawan penjajah, negaranya juga miskin. Enggak bisa, tapi tetap kita ambil (keputusan itu)," kata Roby.

Baca juga: Daftar 4 Kementerian yang Ikut Pindah ke IKN Baru Tahun 2024

Saat ini, lanjut dia, bangsa ini sudah haus akan keputusan-keputusan besar yang mendisrupsi arah bangsa secara fundamental.

Diakuinya, di zaman modern seperti sekarang, setiap keputusan didominasi oleh hal yang bersifat teknis, ekonomis dan bisnis.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.