3 Cara Menyimpan Pisang agar Tidak Cepat Busuk

Kompas.com - 16/01/2022, 20:30 WIB

KOMPAS.com - Buah pisang yang disimpan begitu saja akan berubah warna menjadi kehitaman dalam waktu beberapa hari akibat proses oksidasi.

Proses oksidasi tidak hanya terjadi pada kulitnya saja, namun daging buah pisang juga akan berubah warna menjadi kehitaman akibat proses tersebut.

Dilansir dari Masterclass melalui KOMPAS.com, pisang mengandung enzim polifenol oksidase yang menunjang proses oksidasi saat buah ini terkena oksigen.

Selain itu, tekstur pisang pun menjadi mudah lembek akibat mengalami oksidasi. Jika tidak segera dimakan, pisang pun akan busuk dalam waktu yang singkat.

Cara menyimpan pisang agar tidak cepat busuk

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar pisang segar yang baru dibeli dapat tetap segar dalam waktu yang cukup lama, salah satunya dengan menjauhkannya dari buah yang mengandung etilen, seperti apel, alpukat, dan persik.

Baca juga: Makna Pisang Raja Dibalik Hantaran dalam Pernikahan Jawa

Etilen adalah gas yang dikeluarkan oleh beberapa jenis buah yang dapat mempercepat proses pematangan pisang.

Selain itu, gantung pisang agar kulitnya tidak memar karena berbenturan dengan benda lain. Kulit pisang yang memar akan membuat pisang lebih cepat berubah warna menjadi kecokelatan.

3 cara cegah pisang cepat matang

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (11/1/2022), berikut ini cara menyimpan pisang agar tidak cepat busuk:

1. Tetap gunakan bungkus plastik

Jika pisang yang baru saja dibeli tidak akan dimakan dalam waktu dekat, biarkan buah tersebut tetap terlilit atau terbungkus plastik.

Plastik yang melilit pisang dapat mencegah gas etilen terlepas. Jika tandan pisang tidak tertutup plastik, sebaiknya tambahkan plastik agar tidak cepat matang dan membusuk.

Baca juga: Daftar Sayur dan Buah untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.