OpenSea Diserbu Netizen Indonesia, Jualan Foto Makanan hingga KTP

Kompas.com - 16/01/2022, 15:01 WIB

KOMPAS.com - Netizen Indonesia beramai-ramai mencoba keberuntungan seperti Ghozali Everyday.

Pemuda yang menjual Non Fungible Token alias NFT foto selfie yang mendadak viral di internet.

Ghozali berhasil mendapatkan keuntungan hingga Rp 1,5 miliar dari penjualan NFT Ghozali Everyday tersebut.

Ingin "cuan" seperti Ghozali, warganet Indonesia ramai-ramai mengikuti jejak Ghozali dengan cara menjual NFT di di platform OpenSea.

Warganet Indonesia tak hanya menjual foto selfie, melainkan foto makanan hingga foto kartu tanda penduduk (KTP) layaknya berjualan di platform e-Commerce.

Pantauan KompasTekno, Minggu (16/1/2022) pagi, pengguna bisa dengan mudah menemukan NFT foto makanan yang dijual netizen Indonesia dengan kata kunci "makanan" di OpenSea.

Baca juga: Warganet Indonesia Serbu OpenSea, Jual NFT Foto KTP hingga Makanan Rp 3,8 Miliar

Hasil pencarian "makanan" menampilkan sejumlah NFT foto makanan dari Indonesia, mulai dari camilan, lauk-pauk, hidangan utama, hidangan penutup, nasi kotak, hingga mie instan kemasan sekalipun lengkap dijual di OpenSea.

Adapun makanan yang dijual sebagai NFT seperti mie "Cirambay", cilor, martabak, tempe, tahu, rendang, steak, mie kuah, nasi kuning, soto ayam, bakso, pasta, ramen, hingga puding dan bermacam jenis kue.

Bahkan ada pula yang menjual foto saat kegiatan "tumpengan" (seremoni perayaan dan syukuran di Indonesia dengan nasi tumpeng) juga ikut dijual sebagai NFT.

Soal harga, berbagai NFT foto makanan yang dijual netizen Indonesia ini dijual dengan harga yang beragam, mulai dari 0,001 ETH (ethereum, setara Rp 47.500) hingga paling mahal 80 ETH (sekitar Rp 3,8 miliar).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.