Alasan Polri Ubah Kembali Seragam Baru Satpam

Kompas.com - 16/01/2022, 08:30 WIB

KOMPAS.com - Polri telah mengubah warna seragam Satuan Pengamanan (Satpam) yang berwarna putih-biru tua menjadi warna cokelat muda mirip warna seragam polisi pada bulan September 2020.

Perubahan tersebut diharapkan dapat menciptakan kedekatan emosional antara Satpam dengan pembinanya, Polri, dan menumbuhkan kebanggaan Satpam terhadap profesinya.

Selain itu, warna cokelat juga dianggap netral dan identik dengan warna elemen bumi, seperti tanah, kayu, dan batu.

Akan tetapi, Polri berencana mengubah kembali seragam baru Satpam itu dengan warna yang berbeda.

Alasan perubahan warna seragam baru Satpam

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Kamis (13/1/2022), Polri saat ini sedang mengkaji perubahan warna seragam satpam dari warna cokelat muda menjadi warna krem.

Baca juga: Awalnya Coklat Muda, Kenapa Seragam Satpam Diubah Lagi Jadi Warna Krem?

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan mengungkapkan, alasan rencana perubahan warna seragam Satpam itu dilakukan karena terlalu mirip dengan warna seragam polisi

Ramadhan mengatakan, miripnya warna seragam Satpam dengan polisi menyebabkan masyarakat kebingungan dan sulit membedakan antara Satpam dan polisi.

"Seragam (Satpam) sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan pada masyarakat untuk membedakan polisi dan satpam," kata Ramadhan.

Selain itu, dia menambahkan, perubahan itu dilakukan agar Satpam memiliki identitas sendiri sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas.

Kapan seragam Satpam akan diganti?

Ramadhan menuturkan, seragam baru Satpam akan diberlakukan setelah proses pengkajian selesai.

Baca juga: Viral Video Satpam Tersambar Petir Saat Bekerja hingga Tergeletak, Akhirnya Selamat

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.