Alasan FIFA Hukum Vietnam di Ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022

Kompas.com - 16/01/2022, 07:30 WIB
Timnas Vietnam dihukum denda oleh FIFA karena bermain tidak sportif melawan Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, 16 November 2021. AFP/ROSLAN RAHMANTimnas Vietnam dihukum denda oleh FIFA karena bermain tidak sportif melawan Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, 16 November 2021.

KOMPAS.com - FIFA menjatuhi hukuman berupa denda kepada Vietnam karena bermain "kasar" saat bertanding melawan Arab Saudi di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia pada 16 November 2021 lalu.

Laga lanjutan grup B yang digelar di Stadion My Dinh, Vietnam itu berlangsung dengan tensi tinggi dan cenderung keras.

Buktinya, terdapat 28 pelanggaran dalam pertandingan tersebut. Vietnam tercatat membuat 17 fouls, sedangkan 11 pelanggaran dilakukan para punggawa Arab Saudi.

Delapan kartu kuning pun dikeluarkan wasit, enam di antaranya diberikan untuk sang tuan rumah, Vietnam.

Adapun keenam kartu kuning itu diberikan kepada Phan Van Duc, Nguyen Van Toan, Nguyen Thanh Chung, Nguyen Tuan Anh, Que Ngoc Hai, dan Nguyen Cong Phuong.

Baca juga: FIFA: Indonesia adalah Tim Paling Berkembang di Asia

Menurut regulasi FIFA, tim yang menerima lima atau lebih kartu kuning dalam satu pertandingan akan menerima hukuman berupa sanksi.

Dengan landasan aturan tersebut, FIFA pun menghadiahi hukuman berupa sanksi bagi timnas Vietnam.

Dilansir dari Soha.vn melalui KOMPAS.com, Vietnam harus membayar denda sebesar 6.000 franc swiss (sekira 147 juta Dong Vietnam) atau setara Rp92 juta.

"Statistik menunjukkan bahwa anak asuh pelatih Park Hang-seo membuat 17 pelanggaran dan mendapat hingga 6 kartu kuning," tulis Soha.vn.

"Performa melawan Arab Saudi menyebabkan tim Vietnam mendapat penalti dari FIFA," imbuh media asal Vietnam itu.

Baca juga: Pemain Timnas Indonesia Disebut Miliki Kelemahan Weight Training, Ini Cara Melatihnya

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.