Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Bahan Pembasmi Kecoak di Rumah

Kompas.com - 02/01/2022, 21:52 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Kecoak dianggap sebagai hewan yang kotor dan menjijikan. Hewan ini bukan cuma dapat menimbulkan aroma tidak sedap tapi juga bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Banyak orang memilih untuk memukul atau menyemprot kecoak dengan semprotan serangga. Akan tetapi, bagi orang yang takut atau jijik dengan kecoak, cara tersebut dianggap tidak efektif karena masih harus menyentuhnya.

Jauh lebih baik untuk membuat kecoak tidak nyaman sehingga memilih pergi dari rumah. Cara ini juga efektif untuk mencegah kecoak lain masuk ke dalam rumah.

Dilansir dari Pulse melalui KOMPAS.com, berikut ini 10 bahan pembasmi kecoak di rumah tanpa menyentuhnya.

1. Minyak atsiri

Kecoak membenci aroma peppermint, lavender, eucalyptus, dan minyak greentea. Pasalnya, deretan aroma tersebut dapat mengganggu dan menutupi jejak aroma yang digunakan kecoak untuk berburu makanan.

Baca juga: Cara Ampuh Mengusir Lalat Buah dengan Bahan Dapur Sederhana

Teteskan minyak peppermint pada bola kapas, kemudian gunakan untuk mengelap tempat-tempat persembunyian kecoak atau jalan masuk ke rumah rumah.

Cara lainnya ialah dengan mencampur 15 tetes minyak peppermint dan 300 ml air, kemudian masukkan ke dalam botol semprot lalu semprotkan di daerah yang gelap dan lembap.

2. Tanah diatom

Kecoak yang menyentuh atau memakan tanah diatom akan menjadi kering lalu mati. Campur bahan ini dengan gula untuk menarik perhatian kecoak.

Taburkan bahan ini di pintu rumah dan di area persembunyian kecoak. Selain kecoak, tanah diatom juga efektif membasmi kutu atau tungau.

3. Boraks

Boraks adalah pembersih alami yang disebut lebih efektif dibandingkan pembersih konvensional. Kandungan asam borat pada boraks bisa merusak lapisan sel usus kecoak.

Baca juga: Cara Mengusir Tikus dengan Gunakan 3 Aroma Ini

Campurkan dua sendok makan boraks, dua cangkir gula, dan satu liter air. Masukkan larutan tersebut ke dalam botol semprot. Semprotkan ke area rumah yang menjadi tempat persembunyian kecoak.

Selain dapat membasmi kecoak, larutan boraks juga bisa digunakan untuk mengusir semut.

4. Baking soda

Selain digunakan untuk membuat kue, baking soda juga sudah dikenal sebagai bahan yang bermanfaat untuk membersihkan rumah.

Campurkan baking soda dengan gula, kemudian letakkan dalam mangkuk atau taburkan di area rumah yang sering dilewati kecoak. Gula akan menarik perhatian kecoak, lalu baking soda yang berperan melumpuhkannya.

5. Petroleum jelly

Buat perangkap dari petroleum jelly dan gula yang dioleskan pada potongan karton. Kecoak akan tertarik kepada gula, sehingga ia akan menempel pada petroleum jelly.

Baca juga: Deretan Tanaman yang Ampuh Mengusir Serangga di Rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com