6 Bahan Pupuk Alami yang Bisa Bantu Tanaman Tumbuh Subur

Kompas.com - 05/12/2021, 20:37 WIB
Ilustrasi pupuk organik. SHUTTERSTOCK/SINGKHAMIlustrasi pupuk organik.

KOMPAS.com - Merawat tanaman sudah dilakukan masyarakat sejak lama, namun kegiatan itu menjadi semakin tren saat dunia dilanda pandemi Covid-19.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam merawat tanaman, salah satunya adalah pemberian pupuk yang berfungsi untuk menyuburkan dan membuat tanaman tetap sehat.

Pupuk berperan dalam menambah nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Akan tetapi, jika pupuk atau dosis yang diberikan tidak sesuai, justru dapat berakibat fatal untuk tanaman.

Selain menggunakan pupuk kimia, coba gunakan pupuk alami yang berasal dari bahan-bahan di sekitar rumah.

Beberapa bahan alami diketahui dapat membantu tanaman tumbuh subur dan sehat. Selain itu, penggunaan pupuk tanaman juga membantu menghemat biaya perawatan.

Dilansir dari Bobvila melalui KOMPAS.com, berikut ini 6 bahan pupuk alami yang bisa membantu tanaman tumbuh subur.

Baca juga: Deretan Tanaman Hias Terbaru dengan Harga Mahal Jadi Incaran Kolektor

1. Abu kayu bakar

Bahan pupuk alami pertama yang bisa bantu tanaman tumbuh subur adalah abu kayu bakar. Bahan ini dapat menetralkan tanah asam karena mengandung alkali yang cukup tinggi.

Sebelum mengaplikasikannya, uji coba tingkat keasaman media tanam yang digunakan dengan memakai alat uji pH. Sebelum menambahkannya ke media tanam, pastikan abu kayu bakar telah dingin saat disentuh.

2. Soda club

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.