Daftar Juara Piala AFF: Thailand Terbanyak, Indonesia Masih Nirgelar

Kompas.com - 05/12/2021, 19:23 WIB

KOMPAS.com - Gelaran Piala AFF (Asean Football Federation) 2020 resmi dibuka hari ini, Minggu (5/12/2021). Piala AFF yang dihelat di Singapura ini dibuka dengan pertandingan antara Thailand melawan Timor Leste.

Tahun ini merupakan edisi ke-13 dari gelaran Piala AFF. Sejatinya, turnamen antar negara-negara di konfederasi Asia Tenggara itu dihelat pada tahun lalu, namun terpaksa ditunda karena alasan pandemi Covid-19.

Baca juga: Sejarah dan Daftar Juara Piala AFF

Piala AFF 2020 dijadwalkan berlangsung dari 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2021. Total ada 10 negara yang ikut berpartisipasi, yakni Singapura, Myanmar, Filipina, Thailand, Timor Leste, Vietnam, Indonesia, Laos, Kamboja, serta Malaysia

Kesepuluh negara dibagi menjadi dua grup. Timnas Indonesia sendiri tergabung di grup B bersama Vietnam, Malaysia, Laos, dan Kamboja.

Sejarah Piala AFF

Piala AFF pertama kali diadakan pada tahun 1996 dan diadakan setiap dua tahun sekali. Saat itu turnamen diikuti oleh enam negara pendiri AFF ditambah empat tim undangan yang berasal dari wilayah Asia Tenggara.

Pada edisi perdana, Piala AFF digelar di Singapura. Keenam negara pendiri AFF yakni Singapura, Indonesia, Thailand, Filipina, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Sementara empat tim undangan adalah Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam.

Di awal-awal penyelenggaraan Piala AFF, turnamen ini lebih dikenal dengan nama Piala Tiger. Diberi nama Piala Tiger lantaran sponsor utama turnamen saat itu adalah Asia Pacific Breweries (sekarang bernama Heineken Asia Pacific) yang merupakan produsen bir merek Tiger.

Para pemain timnas Indonesia, Gendut Doni, Agung Setyabudi, Budi Sudarsono, Nur'Alim, dan Bejo Sugiantoro menyanyikan lagu Indonesia Raya jelang laga Piala AFF 2002 kontra Filipina di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 23 Desember 2002.DOK BOLA/Erly Bahtiar Para pemain timnas Indonesia, Gendut Doni, Agung Setyabudi, Budi Sudarsono, Nur'Alim, dan Bejo Sugiantoro menyanyikan lagu Indonesia Raya jelang laga Piala AFF 2002 kontra Filipina di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 23 Desember 2002.

Baca juga: Jadwal Lengkap dan Daftar Skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Nama Piala Tiger tetap digunakan sebagai nama turnamen hingga tahun 2004. Setelah Asia Pacific Breweries mundur sebagai sponsor utama, nama resmi turnamen diubah menjadi AFF Championship pada 2007.

Setahun kemudian, nama resmi turnamen Piala AFF kembali berubah menjadi AFF Suzuki Cup seiring masuknya perusahaan otomotif asal Jepang, Suzuki, sebagai sponsor utama.

Thailand berhasil menjadi jawara di edisi perdana Piala AFF. Negeri “Gajah Putih” itu sukses mengalahkan Malaysia dengan skor 1-0 di final.

Format Piala AFF

Dari 1996 hingga 2002, Piala AFF menggunakan format round robin dengan final satu leg di negara tuan rumah.

Kemudian sejak 2004, format yang digunakan adalah round robin untuk fase grup, dilanjutkan dengan laga dua leg pada semifinal hingga final.

Pada edisi terakhir yakni 2018, Vietnam tampil sebagai juara Piala AFF setelah mengalahkan Malaysia dengan agregat 3-2 pada laga final yang digelar dua leg.

Pemain Singapura dari kiri Shahril Ishak, Hariss Harun, Safuwan Baharudin dan Yasir Hanapi melakukan selebrasi setelah menang melawan Indonesia pada pertandingan sepak bola Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Singapura pada 9 November 2018.ROSLAN RAHMAN Pemain Singapura dari kiri Shahril Ishak, Hariss Harun, Safuwan Baharudin dan Yasir Hanapi melakukan selebrasi setelah menang melawan Indonesia pada pertandingan sepak bola Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Singapura pada 9 November 2018.

Daftar juara Piala AFF

Sepanjang penyelenggaran Piala AFF, Thailand mengukuhkan dominasi mereka sebagai raja sepak bola Asia Tenggara. Total Thailand berhasil meraih 5 kali gelar juara Piala AFF. Singapura berada di peringkat kedua dengan 4 gelar juara.

Vietnam berada di peringkat ketiga 2 gelar juara, dan menyusul di belakangnya, Malaysia dengan torehan 1 gelar juara.

Indonesia masih harus mengakui keunggulan negara-negara di atas. Prestasi terbaik Indonesia selama mengikuti ajang Piala AFF adalah 5 kali runner-up. Bahkan pada tahun 2000-2004, Indonesia harus rela menjadi runner-up selama tiga kali berturut-turut.

Terakhir kali Indonesia menjadi runner-up adalah pada Piala AFF 2016 lalu. Di final, Tim Garuda harus mengakui keunggulan Thailand.

Baca juga: Jadwal Piala AFF 2020, Laga Pertama Dimulai Hari ini

Tahun Tuan rumah Juara Runner up Skor
1996 Singapura Thailand Malaysia 1-0
1998 Vietnam Singapura Vietnam 1-0
2000 Thailand Thailand Indonesia 4-1
2002 Indonesia-Singapura Thailand Indonesia 2-2 (4-2 pen.)
2004 Malaysia-Vietnam Singapura Indonesia 5-2 Agg
2007 Singapura-Thailand Singapura Thailand 3-2 Agg
2008 Indonesia-Thailand Vietnam Thailand 3-2 Agg
2010 Indonesia-Vietnam Malaysia Indonesia 4-2 Agg
2012 Malaysia-Thailand Singapura Thailand 3-2 Agg
2014 Singapura-Vietnam Thailand Malaysia 4-3 Agg
2016 Myanmar-Filipina Thailand Indonesia 3-2 Agg
2018 10 kota tuan rumah Vietnam Malaysia 3-2 Agg

(Sumber:Kompas.com/Ervan Yudhi Tri Atmoko | Editor: Ervan Yudhi Tri Atmoko)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.