Peringatan Potensi Hujan Ringan hingga Lebat di Sekitar Gunung Semeru

Kompas.com - 05/12/2021, 19:56 WIB

KOMPAS.com - Setelah erupsi Gunung Semeru pada Sabtu sore (4/12/2021) kemarin, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan curah hujan yang masih akan terjadi.

Menurut Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, A. Fachri Radjab mengatakan, meskipun aktivitas erupsi Gunung Semeru sudah menurun, namun penting untuk mewaspadai tingkat curah hujan hingga besok, Senin (6/12/2021).

"Masih ada potensi hujan di daerah lereng (Gunung Semeru) ya, pada siang hingga sore hari besok," kata Fachri dalam jumpa pers Badan Nasional dan Penanggulangan Bencana, Minggu (5/12/2021).

Potensi hujan ringan hingga sedang masih akan terjadi pada malam ini hingga besok, sementara pada siang hari berpotensi hujan lebat.

Hal ini penting untuk diketahui mengingat para relawan dan TNI-Polri yang masih berada di lapangan untuk mengevakuasi korban erupsi Gunung Semeru.

Tidak hanya itu, peringatan potensi hujan ringan hingga lebat ini di daerah aliran lahar masih panas 3 hari ini kemungkinan akan disiram hujan besok.

Oleh karena itu, Fachri mengingatkan agar semua pihak harus terus berkoordinasi untuk memitigasi kondisi buruk yang bisa terjadi.

Baca juga: Kembali ke Rumah, Hari Mengais Uang Rp 50 Juta Miliknya yang Terpendam Abu Vulkanik Gunung Semeru

Begitupun masyarakat di daerah rawan, diimbau untuk sebaiknya menjauhi kawasan radius aman minimal jarak 5 kilometer dari gunung dan mengungsilah ke tempat yang dinyatakan aman oleh BNPB.

Sebelumnya, terjadi erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Sabtu (4/12/2021) sore ini.

Erupsi ini membuat warga sekitar berhamburan menyelamatkan diri.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.