Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berbisnis Franchise

Kompas.com - 20/11/2021, 09:40 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Skema bisnis franchise atau waralaba banyak dipilih ketika baru mau memulai sebuah usaha.

Hal itu karena pada bisnis franchise, Anda tidak harus memulai segalanya dari nol, dalam hal ini seperti pencarian bahan baku atau pengelolaannya.

Dalam skema franchise, Anda sebagai pembeli waralaba biasanya tinggal mengikuti aturan atau SOP (standard operating procedure) yang diberikan oleh pihak pemberi waralaba (pewaralaba) atau franchisor.

Keuntungan lain ketika membuka bisnis franchise adalah dapat menggunakan brand yang sudah lebih dikenal oleh masyarakat.

Baca juga: Mau Bisnis Franchise? Simak 4 Hal Ini

Kendati begitu, bukan berarti membuka bisnis franchise itu mudah. Perlu ketelitian dalam pengelolaannya. Bahkan sebelum memulai bisnis franchise pun, diperlukan kehati-hatian dalam memilih produk atau brand yang akan di-franchise-kan.

Seperti dilansir Kompas.com dari The Entrepreneur, berikut ini adalah 4 hal yang perlu diperhatikan sebelum membuka franchise.

1. Ketahui biaya yang dibutuhkan

Sebelum membuka bisnis franchise, hal pertama yang penting untuk Anda ketahui adalah berapa total biaya yang dibutuhkan untuk membuka dan menjalankan franchise tersebut.

Ini harus mencakup biaya pembelian, inventaris awal, dan jumlah modal kerja yang dibutuhkan sebelum mencapai break even point (BEP) atau biasa disebut juga titik impas.

Mengetahui dan memahami total biaya yang diperlukan ini sangat penting. Hal itu karena kesalahan dalam perhitungan bisa membuat Anda kehabisan uang ketika baru memulai sebuah usaha.

2. Waktu yang diperlukan

Meski merupakan franchise, ketahuilah bahwa dalam menjalankannya, bisnis ini merupakan usaha Anda sendiri. Ada waktu yang harus Anda investasikan dalam membuat bisnis ini menjadi sukses.

Oleh karena itu pastikan Anda memahami jenis waralaba apa yang hendak Anda buka. Ada franchise musiman yang mengharuskan Anda bekerja sangat keras pada waktu-waktu tertentu dalam setahun.

Baca juga: Ini Syarat dan Cara Beli Franchise Martabak Joeragan, Modal Mulai Rp 20 Juta

3. Pemilihan perusahaan franchise atau brand-nya

Saat ini banyak produk yang memperluas bisnisnya dengan cara menjual franchise. Namun, perlu diketahui tidak semua perusahaan franchise memiliki nilai yang sama.

Sebelum membeli sebuah franchise, penting bagi Anda untuk mengetahui seluk beluk perusahaan.

Seperti misalnya, berapa lama perusahaan itu sudah berkutat di bidangnya, ada berapa franchise yang sama di daerah sekitar Anda tinggal, berapa tingkat kesuksesan membuka franchise itu.

Lebih banyak kalian tahu maka lebih baik keputusan yang akan kamu ambil nantinya sebelum memutuskan untuk membeli franchise tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com