Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tokoh yang Mendapat Gelar Pahlawan Nasional dari Jokowi

Kompas.com - 12/11/2021, 19:45 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Dalam upacara peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (10/11/2021), Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada empat tokoh yang telah wafat.

Keputusan mengenai pemberian gelar itu dituangkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 109 dan 110 TK Tahun 2021 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional dan Tanda Kehormatan Bintang Jasa.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Rabu (10/11/2021), Sekretaris Militer Presiden, Tonny Harjono membacakan Keppres tersebut dalam upacara yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta.

Keppres yang ditetapkan Presiden Jokowi pada 25 Oktober 2021 tersebut berbunyi bahwa gelar Pahlawan Nasional dan Tanda Kehormatan Bintang Jasa dianugerahkan kepada beberapa nama yang terlampir di dalamnya.

"Sebagai penghargaan atas jasa-jasanya sesuai ketentuan syarat khusus dalam rangka memperoleh gelar pahlawan nasional dan tanda kehormatan bintang jasa sebagaimana diatur dalam undang-undang," demikian petikan Keppres yang dibacakan oleh Tonny.

Baca juga: Utang Negara Era Jokowi Tembus Rp 6.711 Triliun, Sri Mulyani: Kaitannya Krisis Moneter 1998

Adapun empat tokoh yang diberi gelar itu mulai dari raja hingga sutradara, yakni Tombolotutu dari Sulawesi Tengah, Sultan Aji Muhammad Idris dari Kalimantan Timur, Usmar Ismail dari DKI Jakarta, dan Raden Aria Wangsakara dari Banten.

Berikut ini profil singkat empat tokoh yang mendapatkan gelar Pahlawan Nasional dari Jokowi:

1. Tombolotutu

Dilansir dari parigimoutongkab.go.id melalui KOMPAS.com, Tombolotutu adalah raja di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Sebagai raja, Tombolotutu turut menjadi turut serta dalam perlawanan terhadap kolonialisme Belanda kala itu.

Tombolotutu telah diusulkan untuk mendapatkan gelar pahlawan nasional sejak tahun 1990-an.

2. Sultan Aji Muhammad Idris

Sultan Aji Muhammad Idris adalah sultan ke-14 dari Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura. Dia memimpin kesultanan ini sejak 1735 hingga 1778.

Baca juga: Ketua GP Ansor: Jokowi Tahu Mana Menteri yang Bisa Kerja, Mana yang Tidak

Dalam riwayat perjalanan Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura, Sultan Aji Muhammad Idris merupakan sultan pertama yang menyandang nama bernuansa Islam.

Sultan Aji Muhammad Idris adalah cucu menantu dari Sultan Wajo La Madukelleng yang berangkat ke Tanah Wajo, Sulawesi Selatan.

Di Wajo, dia turut bertempur bersama rakyat Bugis melawan Veerenigde Oostindische Compagnie (VOC), kongsi dagang atau Perusahaan Hindia Timur Belanda.

3. Usmar Ismail

Usmar Ismail dikenal sebagai bapak perfilman Indonesia. Sepanjang hidupnya, Usmar Ismail telah membuat lebih dari 30 film.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com