Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Jokowi, Ini Tokoh Muslim Indonesia Paling Berpengaruh di Dunia 2022

Kompas.com - 03/11/2021, 19:45 WIB
Rosy Dewi Arianti Saptoyo,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) masuk dalam jajaran tokoh muslim paling berpengaruh tahun 2022 di seluruh dunia.

Situs The Muslim 500, meliris kurasi tahunannya yang menyoroti tokoh-tokoh musim di seluruh dunia.

Dalam rilis terbarunya, ada sejumlah tokoh dari Indonesia dalam jajaran The Muslim 500: The World's 500 Most Influential Muslims 2022.

Berdasarkan data yang diunduh dalam laman Themuslim500.com diketahui Presiden Jokowi berhasil menempati posisi ke-13 dari 50 besar tokoh paling berpengaruh di dunia. Adapun 450 tokoh lainnya, diurutkan berdasarkan bidang masing-masing, seperti politik, seni, sastra, ilmu pengetahuan, pengaruh ajaran, bahkan mantan teroris.

Selain Jokowi, ini tokoh muslim paling berpengaruh 2022 dari Indonesia:

Baca juga: Profil Jenderal Andika Perkasa, Calon Tunggal Panglima TNI yang Ditunjuk Jokowi

Said Aqil Siradj

Ketua PBNU Said Aqil SiradjKOMPAS.COM/PERDANA PUTRA Ketua PBNU Said Aqil Siradj
Selain Jokowi, ada nama Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj di posisi ke-19.

Said Aqil Siradj adalah pemimpin organisasi Muslim independen terbesar di Indonesia dan organisasi Islam paling berpengaruh di dunia, yakni Nahdlatul Ulama (NU).

Dengan basis keanggotaan yang menjangkau pedesaan, NU membedakan dirinya dari organisasi Islam lain di Indonesia. NU memoposisikan dirinya sebagai organisasi Islam tradisional, dengan menekankan pendidikan dan keterlibatan politik berdasarkan prinsip-prinsip Islam.

NU telah memberikan kontribusi kepada masyarakat di bidang pembangunan pendidikan, kesehatan, dan pengentasan kemiskinan.

Baca juga: Jokowi Masuk Jajaran Tokoh Muslim Paling Berpengaruh Tahun 2022

Habib Luthfi Bin Yahya

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Habib Luthfi bin Yahya berpose sebelum upacara pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (13/12/2019). Presiden resmi melantik sembilan orang Wantimpres periode 2019-2024.ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Habib Luthfi bin Yahya berpose sebelum upacara pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (13/12/2019). Presiden resmi melantik sembilan orang Wantimpres periode 2019-2024.
Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Habib Luthfi Bin Yahya juga masuk dalam 50 besar tokoh muslim berpengaruh, dengan berada di posisi ke-32.

Habib bin Luthfi saat ini merupakan Ketua Asosiasi Tarekat Sufi yang Diakui, Ketua MUI Jawa Tengah, serta pemimpin spiritual Ba Tarekat Alawi di Indonesia.

Habib Luthfi pertama kali belajar di bawah bimbingan guru Ba Alawi di Indonesia. Dia kemudian melakukan perjalanan ke Mekah dan Madinah untuk pendidikan lebih lanjut.

Ia pun menerima otorisasi (ijazah) di semua bidang pembelajaran tradisional termasuk hadits, dan tasawuf. Otorisasinya untuk menjadi guru spiritual berasal dari lebih dari satu tarekat (persaudaraan spiritual).

Baca juga: Sisi Lain Tri Mumpuni, Ilmuwan sekaligus Ibu yang Menjadi Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia

Kyai Haji Achmad Mustofa Bisri

Ulama kharismatik asal Rembang, Jawa Tengah KH Mustofa Bisri atau Gus Mus di forum ulang tahun tahun ke 75 di Sam Poo Kong, Semarang, Rabu (14/8/2019) malam.KOMPAS.com/NAZAR NURDIN Ulama kharismatik asal Rembang, Jawa Tengah KH Mustofa Bisri atau Gus Mus di forum ulang tahun tahun ke 75 di Sam Poo Kong, Semarang, Rabu (14/8/2019) malam.
Kyai Haji Achmad Mustofa Bisri juga masuk dalam 500 tokoh muslim paling berpengaruh. Ia dikenal sebagai penyair, novelis, pelukis, dan intelektual muslim.

Alumni Universitas Al Azhar ini adalah mantan Ketua Umum NU. Ia juga berperan dalam perkembangan sosial dan politik NU selama 30 tahun terakhir. Dia mengepalai Pondok Pesantren Latuth Tholibin di Rembang, Jawa Tengah.

Peran Mustofa Bisri dalam menggabungkan spiritualitas dalam karya seni dan sastranya dikagumi secara luas di Indonesia.

 

Khofifah Indar Parawansa

Gubernur Timur ke-14, Khofifah Indar Parawansa ini juga masuk dalam daftar. Dia disebut memiliki pendukung kuat yang mengkampanyekan persatuan antaragama dan juga memimpin kampanye untuk memberantas pengangguran dengan menawarkan pekerjaan alternatif.

Khofifah juga merupakan Ketua Umum Muslimat, sebuah kelompok perempuan yang berafiliasi dengan NU.

Prabowo

Letjen Prabowo Subianto diangkat sebagai Menteri Pertahanan pada 2019. Dia disebut sebagai tokoh muslim berpengaruh dalam bidang politik di Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com