Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Kulit Jeruk, Bisa Menjadi Pengharum hingga Usir Serangga

Kompas.com - 31/10/2021, 07:10 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Banyak orang tentu sudah mengetahui bahwa buah jeruk memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Namun tak hanya buahnya yang bermanfaat, kulit jeruk pun ternyata bisa diubah menjadi sesuatu yang sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari.

Karena itu, jika Anda melihat kulit jeruk yang berserakan di rumah, jangan buru-buru membuangnya. Simpan dan cobalah ubah menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Dilansir Kompas.com dari Taste of Home, Selasa (26/10/2021), berikut adalah beberapa manfaat kulit jeruk.

Baca juga: Jangan Dibuang, Ini Manfaat Kulit Jeruk yang Perlu Diketahui

1. Segarkan kulkas

Manfaat kulit jeruk yang pertama adalah dapat menyegarkan kulkas. Sebagian orang mungkin memiliki masalah kulkas yang berbau asam.

Nah, dengan meletakkan beberapa kulit jeruk ke dalam campuran garam bisa menjadi solusi masalah tersebut. Kemudian, letakkan campuran garam dengan kulit jeruk tersebut di dalam kulkas.

Garam akan menyerap bau dan kelembaban di udara kulkas, sedangkan kulitnya akan meninggalkan aroma jeruknya. Setelah garam menjadi lembab, keluarkan kulitnya dan ganti dengan yang baru sesuai kebutuhan.

2. Membersihkan peralatan stainless steel

Selain memiliki aroma yang khas, kulit jeruk juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda pada peralatan masak berbahan stainles steel.

Caranya adalah dengan menggosokkan kulit jeruk pada permukaan peralatan masak Anda yang berbahan stainless steel dan peralatan akan menjadi seperti baru lagi.

3. Menyegarkan bau lemari

Tidak hanya kulkas, terkadang lemari pakaian juga bisa menimbulkan bau tidak sedap. Jika lemari Anda mulai mengeluarkan bau apek, Anda bisa memanfaatkan kulit jeruk untuk menghilangkan baunya.

Caranya adalah dengan memasukkan kulit jeruk ke dalam stoking lama, lalu tempelkan di sudut-sudut lemari pakaian Anda.

Seperti bunga rampai, Anda dapat menempatkan di mana saja di lemari, baik di rak atau di laci. Agar lemari Anda tetap harum, ganti kulit jeruk saat mengering.

Baca juga: Jangan Buang Kulit Jeruk, Masak Jadi Manisan Kulit Jeruk

Kandungan vitamin C yang tinggi pada kulit jeruk dapat membantu mencerahkan kulit, termasuk menjadi salah satu cara memutihkan kulit tangan.FREEPIK/AZERBAIJAN_STOCKERS Kandungan vitamin C yang tinggi pada kulit jeruk dapat membantu mencerahkan kulit, termasuk menjadi salah satu cara memutihkan kulit tangan.

4. Melembutkan gula merah

Masalah yang kerap terjadi pada gula merah di dapur adalah mudah bergumpal keras. Nah, kulit jeruk bisa digunakan untuk mencegahnya.

Kulit jeruk dirancang untuk menjaga kelembabannya, jadi menyimpan beberapa potong dengan gula merah akan memungkinkan kelembapan kulitnya menyebar ke seluruh wadah.

Cukup masukkan beberapa potong kulit ke dalam kotak Anda, dan lihat gula kembali ke kelembutannya hanya dalam beberapa jam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com