2 Tragedi Susur Sungai Siswa SMP Terjadi di Indonesia dari Tahun 2020

Kompas.com - 17/10/2021, 10:15 WIB
Keluarga korban menangis histeris saat menyaksikan petugas tim SAR dari BPBD Ciamis yang dibantu warga mengevakuasi jenazah korban tenggelam di Sungai Cileuer, Desa Utama, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (15/10/2021). Sebanyak 11 siswa MTS Harapan Baru tewas tenggelam dan dua orang kritis saat menjalani kegiatan pramuka susur sungai. ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMIKeluarga korban menangis histeris saat menyaksikan petugas tim SAR dari BPBD Ciamis yang dibantu warga mengevakuasi jenazah korban tenggelam di Sungai Cileuer, Desa Utama, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (15/10/2021). Sebanyak 11 siswa MTS Harapan Baru tewas tenggelam dan dua orang kritis saat menjalani kegiatan pramuka susur sungai.

KOMPAS.com - Kegiatan alam adalah salah satu pendidikan yang biasa dilakukan untuk mengenal lebih dekat kekayaan alam. Salah satunya dengan susur sungai.

Kegiatan yang biasanya dilakukan saat Pramuka ini bertujuan untuk mengenalkan aliran sungai dan memahami jenis bahaya yang ada di sungai dan cara melatih ketahanan fisik.

Namun, jika kegiatan susur sungai tidak dipersiapkan secara matang, mulai dari fisik, peralatan dan keamanannya, maka akan membahayakan bagi diri dan orang lain.

Baru-baru ini terjadi dua tragedi yang menyebabkan belasan siswa meninggal dunia saat mengikuti kegiatan susur sungai.

Berikut ini dua tragedi susur sungai yang dilakukan siswa menengah pertama yang dapat menjadi pembelajaran kedepannya:

Tragedi susur sungai Cileueur Ciamis

Sebanyak 11 siswa MTs Harapan Baru ditemukan tewas terseret arus sungai saat menjalani susur sungai pramuka, Jumat (15/10/2021) sore.

Sekelompok siswa ini akhirnya ditemukan setelah pencarian di sepanjang Sungai Cileueur, Dusun Wetan RT 01 RW 01, Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing, Kabupataen Ciamis, Jawa Barat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Tragedi Susur Sungai, MTs Harapan Baru Ciamis Terancam Sanksi dari Kemenag

Tragedi yang memakan korban jiwa ini ternyata bukan pertama kalinya. Kegiatan susur sungai yang menewaskan siswa juga pernah terjadi tahun 2020 lalu.

Kini, kejadian serupa kembali menimpa 11 siswa MTs Harapan Baru.

Kronologi ditemukannya jenazah 11 siswa tenggelam

Dari keterangan pihak sekolah, ada 150 siswa bersama para guru yang turun ke sungai.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.