Jelang Laga Final, Menilik Rekam Jejak Tim Indonesia di Piala Thomas

Kompas.com - 17/10/2021, 09:25 WIB
Tim Indonesia saat berhasil meraih Piala Thomas 1984. Mereka merebut trofi dari genggaman RRT (Republik Rakyat Tiongkok). Tangkapan layar YouTube/Zoom Roemah Bhinneka SurabayaTim Indonesia saat berhasil meraih Piala Thomas 1984. Mereka merebut trofi dari genggaman RRT (Republik Rakyat Tiongkok).

KOMPAS.com - Piala Thomas (Thomas Cup) dan Uber (Uber Cup) merupakan salah satu kejuaraan bulu tangkis beregu yang sangat bergengsi.

Piala Thomas adalah lambang supremasi bulu tangkis beregu putra, sementara Piala Uber untuk beregu putri.

Kejuaraan Piala Thomas masuk kategori BWF Major Event dan berada dalam grade 1.

Dikutip dari situs resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Piala Thomas atau World Men’s Team Championships pertama kali digelar 1949.

Sejarah Piala Thomas

Nama Piala Thomas diambil dari nama pendiri sekaligus presiden pertama Federasi Bulu Tangkis Internasional (IBF), Sir George Alan Thomas.

Baca juga: Sejarah Thomas Cup dan Uber Cup

Adapun, IBF sekarang telah berganti nama menjadi BWF.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Semasa hidupnya, Sir George Alan Thomas yang meninggal dunia di London pada 23 Juli 1972, adalah seorang pemain tenis, bulu tangkis, dan catur.

Namun, prestasi terbaiknya hadir melalui cabang olahraga bulu tangkis di mana ia sukses menjuarai turnamen All England sebanyak 21 kali.

Sir George Alan Thomas mengusulkan ide tentang kejuaraan bulu tangkis beregu putra pada 1939, tepatnya lima tahun setelah IBF didirikan.

Ide itu gagal terlaksana karena pecahnya Perang Dunia II. Akan tetapi, rencana menggelar kejuaraan bulu tangkis untuk tim putra tidak sirna begitu saja.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.