Militer Indonesia Terkuat di Asia Tenggara, Urutan Berapa di Dunia?

Kompas.com - 17/10/2021, 08:01 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Komandan Upacara Brigjen TNI Yusuf Ragainaga mengecek kesiapan pasukan pada upacara penetapan Komponen Cadangan Tahun Anggaran 2021 di Pusdiklatpassus, Batujajar, Bandung Barat,  Jawa Barat, Kamis (7/10/2021). Komponen cadangan ini dikerahkan bila negara dalam keadaan darurat militer atau keadaan perang dan keberadaannya akan makin memperkokoh sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta. ANTARA FOTO/HO/Indonesia Defense Magz/pras/rwa. ANTARA FOTOPresiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Komandan Upacara Brigjen TNI Yusuf Ragainaga mengecek kesiapan pasukan pada upacara penetapan Komponen Cadangan Tahun Anggaran 2021 di Pusdiklatpassus, Batujajar, Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (7/10/2021). Komponen cadangan ini dikerahkan bila negara dalam keadaan darurat militer atau keadaan perang dan keberadaannya akan makin memperkokoh sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta. ANTARA FOTO/HO/Indonesia Defense Magz/pras/rwa.

KOMPAS.com - Global Fire Power (GFP) baru-baru ini menobatkan Indonesia sebagai negara dengan militer terkuat di Asia Tenggara atau ASEAN.

GFP adalah situs web independen berbasis statistik yang melacak informasi pertahanan 138 negara dan diperbarui setiap tahun.

Dilansir dari CNN, berdasarkan data situs tersebut, Indonesia memiliki skor 0.2684 untuk bidang kekuatan militer.

Dengan demikian, Indonesia berada di posisi paling atas di ASEAN, mengalahkan Vietnam dan Thailand yang berada pada peringkat ke dua dan tiga.

Lalu, dalam skala global, urutan ke berapa militer Indonesia?

Kekuatan militer Indonesia ternyata menduduki peringkat ke 16 sebagai negara dengan militer terkuat di dunia.

Selain itu, pada tingkat Asia, Indonesia juga menempati posisi ke 9 militer terkuat di bawah Iran dan di atas Arab Saudi.

Lantas, apa faktor Indonesia menjadi negara dengan militer terkuat se Asia Tenggara?

Baca juga: Kekuatan Militer Indonesia Peringkat 16 Dunia dan di Atas Israel Versi GFP, Bagaimana Riilnya?

Perhitungan skor militer Indonesia

Skor tersebut dibuat berdasarkan akumulasi dari semua aspek kekuatan militer yang kemudian dikalkulasikan menjadi indeks skor oleh Global Fire Power.

Dilihat dari jumlah pasukan militer, Indonesia berada di posisi keempat ASEAN. Jumlah keseluruhan personel TNI mencapai 1 juta orang lebih, dan yang masih aktif sekitar 400 ribu orang.

Sementara itu, Vietnam memiliki lebih banyak personel, dengan total 5,5 juta personel dan aktif 482.500 orang.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.