Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Memilih dan Merawat Blender Portabel agar Tetap Awet

KOMPAS.com - Berikut tips memilih dan merawat blender portabel agar pekerjaan rumah tangga Anda berjalan lancar dan bisa menghemat biaya dapur.

Diketahui, blender merupakan salah satu alat modern yang bisa membantu memudahkan pekerja rumah tangga.

Blender merupakan alat elektronik yang berfungsi untuk menghaluskan berbagai bahan makanan, entah itu buah, sayur ataupun bumbu dapur. Dengan memakai blender, Anda bisa menikmati olahan minuman/makanan yang segar dan higienis.

Manfaat menggunakan blender portabel

Blender portabel memiliki banyak manfaat yang dapat semakin memudahkan pekerjaan Anda. Adapun manfaat menggunakan blender portabel diantaranya sebagai berikut:

Desainnya lucu dan modern

Desain blender portabel tentu tidak bisa disamakan dengan blender biasa. Hal ini karena blender portabel termasuk alat yang belum lama ditemukan.

Alat elektronik tersebut merupakan bentuk inovasi yang akan memudahkan pekerjaan Anda dalam mengolah minuman atau makanan.

Tentunya, blender ini memiliki desain yang lucu dan imut karena bentuknya yang sangat kecil. Meskipun demikian, tampilan blender ini sangat modern, stylish dan cocok dibawa ke mana saja.

Mudah dioperasikan

Meskipun tergolong sebagai alat elektronik modern, bukan berarti Anda akan kesulitan untuk menggunakannya.

Hal ini karena pengoperasian blender portabel sangatlah mudah dan ringkas. Setelah dicas dan baterainya penuh, Anda bisa menggunakannya untuk membuat jus favorit Anda.

Bahkan, lebih praktisnya lagi, Anda tidak perlu menyiapkan gelas karena bisa meminum langsung dari jug blendernya.

Dapat diisi ulang

Layaknya ponsel, blender portabel juga dapat dicas untuk mengisi daya baterai di dalamnya.

Anda hanya perlu mengecas blender ini selama beberapa jam saja. Setelah baterai terisi penuh, Anda dapat menggunakan blender portabel ini di mana saja dan kapan saja.

Dapat Digunakan Tanpa Listrik

Seperti yang telah dijelaskan di awal, blender portabel menggunakan baterai sebagai dayanya.

Sehingga, tidak perlu disambungkan dengan listrik ketika Anda ingin untuk menghaluskan makanan menggunakan blender ini.

Anda pun tidak akan kerepotan ketika pergi ke tempat-tempat yang tidak ada cocokan listriknya.

Blender portabel juga dapat dibawa dengan mudah karena bentuknya yang kecil dan ringan.

Tentunya, hal ini sangat berbeda dengan blender konvensional yang umumnya berat ketika diangkat.

Blender yang satu ini memang sangat cocok dibawa saat camping ataupun piknik.
Hal ini karena blender tersebut memiliki berat yang ringan dan tidak akan memakan banyak tempat ketika dimasukkan ke dalam tas.

Mendukung aktivitas olahraga Anda

Selain itu, blender ini juga sangat cocok menemani aktivitas Anda sehari-hari, misalnya olahraga.

Setelah olahraga, tentu tubuh membutuhkan asupan nutrisi untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Jus buah dapat menjadi solusi untuk kebugaran tubuh Anda setelah berolahraga.

Oleh karena itu, menggunakan blender portabel adalah alternatif terbaik untuk menunjang kesehatan tubuh Anda dengan cara yang praktis.

Bisa dijadikan powerbank

Siapa sangka jika blender portabel dapat dijadikan powerbank? Hal ini bukan sekadar bualan karena dalam blender tersebut terdapat sirkuit penyimpanan arus listrik.

Sehingga, blender portabel dapat digunakan sebagai cadangan daya jika sewaktu-waktu listrik mati. Jadi, bisa dikatakan bahwa blender portabel ini sangat multifungsi dan dapat diandalkan di berbagai kondisi.

Harganya terjangkau

Sudah bukan rahasia jika blender portabel memiliki harga yang sangat terjangkau, bahkan lebih murah dari blender biasa.

Dengan beragam keunggulan yang dimilikinya, rasanya kurang wajar jika harga yang dibandrol pada blender ini sangat murah.

Namun, hal tersebut memang fakta dan Anda dapat membuktikannya sendiri dengan membeli blender ini di toko alat elektronik maupun di marketplace.

Dengan harga yang terjangkau, Anda sudah bisa memiliki blender yang cantik, multifungsi dan ekonomis.

Cara membersihkan blender portabel sangat simpel dan tidak perlu waktu yang lama. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan diantaranya sebagai berikut:

Segera Cuci Blender Setelah Dipakai

Terkadang, karena kesibukan yang begitu padat, kita sering menunda untuk mencuci blender setelah selesai memakainya. Padahal, kebiasaan tersebut bisa meninggalkan bau tidak sedap dari sisa-sisa makanan yang menempel.

Bukan hanya itu, blender yang tidak segera dicuci akan mengundang bakteri karena kotor dan bau yang ditimbulkannya.

Oleh karena itu, pastikan agar Anda segera mencuci blender portabel setelah selesai memakainya. Namun, ingat bahwa yang perlu dicuci adalah bagian tabungnya saja, bukan termasuk mesinnya.

Langsung keringkan setelah dicuci

Supaya grinder (mata pisau) tidak mudah berkarat, maka segera keringkan tabung blender ketika selesai mencucinya.

Jika mata pisau sampai berkarat, tentu kemampuannya dalam menghaluskan makanan akan menjadi tidak tajam. Oleh karena itu, cara merawat blender yang satu ini sangat penting untuk diperhatikan.

Jangan mengisi tabung blender terlalu penuh

Blender portabel memiliki ukuran yang cukup mini dan daya tampungnya tidaklah besar. Agar blender portabel dapat awet dan tahan lama, maka jangan mengisi tabung blender sampai penuh.

Tabung blender yang diisi terlalu penuh akan membuat mesin menjadi panas karena terlalu bekerja keras.

Oleh karena itu, cukup isi tabung blender seperempat atau setengah tabung saja, sehingga ada ruang untuk blender dalam menghaluskan makanan.

Jangan menyalakan mesin blender terlalu lama

Umumnya, seseorang menyalakan mesin blender terlalu lama karena ingin makanannya cepat halus.

Menyalakan mesin terlalu lama merupakan salah satu kesalahan yang sering tidak disadari oleh banyak orang. Kebiasaan ini akan membuat blender cepat panas dan kinerjanya melemah.

Perlu diketahui bahwa setiap jenis blender memiliki kapasitasnya masing-masing. Dikarenakan blender yang dimaksud di sini adalah blender portabel, otomatis cara penggunaannya juga perlu lebih diperhatikan.

Untuk memastikan apa saja hal yang dilarang dan tidak dilarang dalam penggunaan blender portabel, Anda bisa mengecek panduan yang terdapat di dalam kardus blender saat pertama kali membelinya.

Pasalnya, setiap merk blender memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga cara penggunaan dan perawatannya pun kemungkinan juga berbeda.

Meskipun demikian, secara garis besar, cara merawat dan menggunakan blender portabel seperti yang telah dijelaskan di atas yang tentunya sangat mudah untuk dilakukan.

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika membeli blender portabel.

Tentunya, Anda ingin memiliki blender yang sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda. Oleh karena itu, pastikan agar Anda menerapkan tips-tips di bawah ini

Ketahui daya listrik

Setiap hasil olahan dari blender tentu memiliki tekstur yang berbeda-beda, ada yang lembut, sedang atau kasar.

Hal ini karena setiap blender memiliki mata pisau yang bermacam-macam. Semakin banyak mata pisaunya, maka kekuatannya dalam menghaluskan buah akan semakin besar.

Di sini, daya baterai juga perlu diperhatikan karena semakin besar dayanya, semakin kuat pula kapasitasnya. Oleh karena itu, pastikan agar Anda memilih blender yang memiliki 180 -- 900 watt.

Bentuk mata pisau blender

Sebagai calon pengguna blender portabel, Anda wajib mengetahui tentang bentuk-bentuk mata pisau. Hal ini akan membantu Anda untuk memilih blender yang tepat dan terbaik sesuai dengan apa yang Anda perlukan.

Pisau dengan bentuk flat blade cutter digunakan untuk menghancurkan daging atau wafe blade cutter untuk menghancurkan es batu.

Selain mengetahui bentuknya, Anda juga perlu mengetahui tentang bahan pisaunya. Umumnya, bahan mata pisau yang bagus adalah yang berasal dari stainless steel.
Dengan memilih yang berbahan stainless, maka mata pisau tidak akan mudah berkarat dan awet tahan lama.

Mempunyai pengaturan kecepatan

Seperti yang kita tahu bahwa sayuran atau buah yang diblender dengan kecepatan tinggi akan berpotensi menghilangkan nutrisinya.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda memilih blender yang mempunyai setting kecepatan, sehingga penggunaannya dapat lebih terkontrol.

Namun, jika Anda memiliki perkiraan yang cukup baik, maka memilih blender yang tidak memiliki setting kecepatan pun tidak masalah.

Pasalnya, merk blender yang memiliki fitur tersebut tentu dibandrol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan blender yang biasa. Oleh karena itu, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda ketika memilih blender portabel.

Kemudahan dalam Proses Pembersihan

Dalam membeli blender portabel, akan lebih baik jika Anda memilih yang dapat dilepas mata pisaunya. Jika mata pisau dapat dilepas, otomatis hal ini akan lebih memudahkan Anda dalam hal membersihkannya.

Seperti yang kita tahu, banyak orang yang tangannya mengalami terluka karena tidak sengaja terkena mata pisau saat membersihkan bagian dalam blender.

Oleh karena itu, pilihlah blender yang mata pisaunya dapat dilepas untuk memudahkan proses pembersihan.

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "10 Rekomendasi Blender portabel, Cocok untuk Piknik".

https://www.kompas.com/wiken/read/2022/01/20/104201881/tips-memilih-dan-merawat-blender-portabel-agar-tetap-awet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke