Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Nicole Shanahan, Cawapres AS yang Digandeng Robert F. Kennedy Jr

Kompas.com - 28/03/2024, 14:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

Nicole Shanahan cawapres independen pasangan Robert F. Kennedy Jr.https://twitter.com/RobertKennedyJr Nicole Shanahan cawapres independen pasangan Robert F. Kennedy Jr.
KOMPAS.com - Nicole Shanahan dipinang menjadi menjadi kandidat calon wakil presiden (cawapres) Amerika Serikat (AS) oleh calon presiden (capres) independen Robert F. Kennedy Jr., Selasa (26/3/2024).

Robert F. Kennedy Jr. adalah keponakan Presiden Amerika ke-35, John F. Kennedy yang menarik perhatian berkat rencana pencalonan dirinya pada Pilpres AS 5 November 2024 nanti.

Pria berjuluk RFK Jr. itu menjadi calon independen dan diprediksi bertarung dengan petahana Presiden Joe Biden serta mantan Presiden AS Donald Trump.

Untuk memuluskan pencalonannya, Robert F. Kennedy Jr. lalu menunjuk pengacara dan pengusaha dari Silicon Valley, Nicole Shanahan sebagai wakil presiden pilihannya.

RFK Jr. mengenalkan Shanahan menjadi pasangan untuk berlaga di Pilpres 2024 saat berkampanye di kampung halaman sang kandidat cawapres di Oakland, AS.

Dia sengaja memilih Shanahan karena mencari sosok yang ulet dan telah diuji di  medan "pertempuran" politik untuk bergabung dengannya.

“Saya menginginkan pasangan yang memiliki rasa ingin tahu, pikiran yang terbuka, dan kepercayaan diri untuk mengubah pendapatnya yang paling kuat sekalipun di hadapan bukti yang bertentangan,” kata dia, dikutip dari People, Kamis (28/3/2024).

Berikut profil Nicole Shanahan calon wakil presiden AS yang ditunjuk Robert F. Kennedy Jr.

Baca juga: Memahami Penyelidikan Pemakzulan yang Sedang Dihadapi Presiden Joe Biden...


Profil Nicole Shanahan

Nicole Shanahan lahir dengan nama  Nicole Anh Shanahan pada 16 September 1985 di Oakland, Amerika Serikat.

Dia bukanlah sosok yang lahir dan tumbuh bergelimang privilese. Ibunya seorang imigran asal China. Sedangkan ayahnya yang berdarah Jerman-AS didiagnosis mengidap gangguan bipolar dan skizofrenia.

“Saya memiliki masa kecil yang sangat sulit dengan banyak kesedihan, ketakutan, dan ketidakstabilan. Terkadang terjadi kekerasan," kata Shanahan, dinukil dari CNN, Kamis (28/3/2024).

Semasa kecil, dia hidup dalam keluarga berpenghasilan rendah yang bergantung pada kupon makanan. Meski begitu, Shanahan berhasil berjuang dan tumbuh menjadi pengacara sekaligus pengusaha kaya yang dermawan.

Sebelum menjadi cawapres, Shanahan termasuk pendukung awal pencalonan Kennedy sebagai presiden. Dia tertarik dengan sosok Kennedy karena memberi harapan bagi demokrasi.

“Saya melihat seseorang yang cerdas, penuh kasih sayang, dan berakal budi. Saya menemukan seseorang yang bersuara mengenai isu-isu yang, meskipun penting bagi kesehatan dan kesejahteraan manusia, selalu diabaikan pemerintah," ujar Shanahan, dilansir CNN.

Baca juga: 4 Kasus Hukum yang Jerat Donald Trump, Akan Serahkan Diri untuk Perkara Gangguan Pemilu 2020

Dari pengusaha ke politik

Robert F. Kennedy Jr. dan Nicole Shanahan paslon independen pemilu AS.Twitter/RobertKennedyJr Robert F. Kennedy Jr. dan Nicole Shanahan paslon independen pemilu AS.
Shanahan berkuliah di Puget Sound University di Tacoma, AS dengan beasiswa prestasi. Dia belajar bidang Studi Asia, Ekonomi dan bahasa Mandarin. Dia lalu melanjutkan studi bidang hukum di Santa Clara University AS.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com