BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan KONILIFE

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Berikut 7 Tips Sederhana yang Bisa Anda Lakukan

Kompas.com - 27/03/2024, 12:30 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Ginjal adalah sepasang organ yang berfungsi menyaring air ekstra dan limbah dari darah, kemudian menghasilkan urine untuk dibuang.

Karena perannya yang sangat vital, penting bagi seseorang untuk menjaga kesehatan ginjalnya agar terus berfungsi dengan baik.

Ketika organ ini tidak berfungsi normal atau kehilangan kemampuan untuk menyaring limbah dari darah, makan Anda akan mengalami penyakit ginjal.

Kondisi tersebut menyebabkan racun menumpuk di tubuh dan bisa mengancam jiwa jika tidak mendapat perawatan segera.

Baca juga: 10 Komplikasi Penyakit Ginjal Kronis yang Perlu Diwaspadai


Berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal:

1. Rutin memeriksa kesehatan

Pemeriksaan kesehatan rutin tiap tahun membantu Anda mendeteksi potensi masalah kesehatan, termasuk masalah ginjal, menurut National Kidney Foundation AS.

Banyak penyakit, termasuk penyakit ginjal, tidak menunjukkan gejala pada tahap awal. Hal ini membuat pemeriksaan rutin untuk diagnosis tepat waktu.

Tidak semua pemeriksaan mencakup tes fungsi ginjal. Mintalah ahli kesehatan Anda untuk melakukan tes darah dan urin untuk menentukan kesehatan ginjal.

Baca juga: Bahaya Mengonsumsi Kentang bagi Penderita Penyakit Ginjal, Mengapa?

2. Perhatikan berat badan

Kelebihan berat badan dapat membuat Anda berisiko terkena berbagai kondisi, termasuk penyakit ginjal.

Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan dengan aman, termasuk pemilihan makanan, olahraga, dan juga mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Untuk memulai, Anda juga bisa mengonsultasikan dengan dokter Anda sebelum melakukan perubahan besar.

Baca juga: 7 Gejala Gagal Ginjal yang Jarang Disadari, Ada Kaki Bengkak

3. Hindari obat pereda nyeri

Anda mungkin sering mengonsumsi obat pereda nyeri yang disebut analgesik, yang dapat membantu mengatasi sakit kepala, demam, dan nyeri.

Namun penggunaan obat-obatan ini secara sering atau dalam dosis tinggi dapat merusak ginjal, bahkan ginjal yang sehat sekalipun. Pastikan hanya mengonsumsi saat diperlukan.

Banyak obat analgesik yang harus dihindari jika Anda mengalami penurunan fungsi ginjal. Bicaralah dengan profesional kesehatan untuk menentukan obat apa yang tepat untuk Anda.

Baca juga: 5 Tahapan Penyakit Ginjal Kronis yang Memicu Gagal Ginjal

4. Tetap terhidrasi

Dikutip dari laman Healthline, salah satu cara paling mudah untuk menjaga ginjal tetap sehat adalah dengan mengonsumsi banyak cairan.

Pastikan Anda memenuhi asupan minimal cairan dengan mengonsumsi delapan gelas air sehari, untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Asupan air yang teratur dan konsisten sangat baik untuk ginjal Anda. Air membantu membersihkan natrium dan racun dari ginjal, sehingga menurunkan risiko penyakit ginjal kronis.

Baca juga: 7 Khasiat Air Rebusan Lemon, Cegah Batu Ginjal dan Hipertensi

5. Tetap aktif dan bugar

Olahraga teratur, selain baik untuk kesehatan secara keseluruhan, juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit ginjal kronis.

Olahraga juga dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung Anda, di mana keduanya penting untuk mencegah kerusakan ginjal.

Anda bisa melakukan aktivitas fisik sederhana yang dijaga secara konsisten, misalnya berjalan, berlari, joging, atau bersepeda.

Baca juga: Efek Mengonsumsi Minuman Bersoda terhadap Batu Ginjal

6. Kelola gula darah Anda

Orang dengan penyakit diabetes atau kondisi yang menyebabkan gula darah tinggi, dapat berisiko mengalami kerusakan ginjal.

Saat sel-sel tubuh Anda tidak dapat menggunakan glukosa (gula) dalam darah Anda, ginjal akan dipaksa bekerja ekstra keras untuk menyaring darah.

Jika hal ini berlangsung selama bertahun-tahun, akan menyebabkan kerusakan pada ginjal yang dapat mengancam jiwa.

Baca juga: 6 Gejala Penyakit Ginjal yang Dapat Terlihat pada Kulit

7. Pantau tekanan darah

Tekanan darah tinggi juga menjadi salah satu faktor umum yang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Penting untuk selalu memperhatikan tekanan darah Anda, bisa dengan melakukan gaya hidup dan pola makan yang sehat.

Konsultasikan dengan dokter terkait cara memantau tekanan darah Anda secara teratur, mengubah gaya hidup Anda, dan kemungkinan konsumsi obat.


Terkini Lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com