Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Vietnam Soroti Kemenangan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kompas.com - 27/03/2024, 08:17 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 0-3 dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa (26/3/2024) malam.

Kemenangan Indonesia didapatkan melalui gol Jay Idzes di menit ke-9, Ragnar Oratmangoen di menit ke-23, dan Ramadhan Sananta di menit perpanjangan waktu babak kedua (90+8).

Selain itu, hasil yang diperoleh tim asuhan Shin Tae-yong ini sekaligus mengakhiri kutukan 20 tahun Indonesia yang tak pernah menang melawan Vietnam di Stadion My Dinh.

Atas kemenangan tersebut, Indonesia semakin kokoh menduduki posisi kedua di klasemen sementara Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan total tujuh poin.

Kemenangan Indonesia atas Vietnam mendapat sorotan dari sejumlah media asing.

Baca juga: Profil Kurnia Meiga, Mantan Kiper Timnas yang Jualan Emping di TikTok

Kata media asing soal Indonesia vs Vietnam 

Berikut Kompas.com telah merangkum beberapa media asing yang turut menyoroti kemenangan Indonesia atas Vietnam di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026:

1. Tuoi Tre News

Media asal Vietnam, Tuoitre menuliskan berita tentang kemenangan Indonesia dengan judul "Tim Vietnam Kalah 0-3 dari Indonesia di My Dinh".

Mereka menyebutkan, tim asuhan Philippe Troussier itu terus mengecewakan.

Sebab, para pemain Vietnam menunjukkan gaya permainan menyerang tapi menemui jalan buntu dan tidak imajinatif, sementara pertahanannya lemah.

Sebaliknya, meski Indonesia tak begitu unggul, mereka justru memanfaatkan peluang untuk mencetak gol.

"Tak mampu mencetak gol, Vietnam kalah lagi pada menit 90+8," tulis Tuoitre.

Baca juga: Kalah dari Australia di Piala Asia 2023, Media Asing Soroti Penampilan Agresif Timnas Indonesia

2. Vietnam VN

Media Vietnam VN menurunkan berita dengan judul "Tim Vietnam Kalah Telak dari Indonesia di Kandang Sendiri".

Media ini menuliskan, Indonesia bermanin baik dengan memanfaatkan berbagai peluang untuk mencetak gol di menit-menit pertama pertandingan di babak pertama.

"Memanfaatkan sepak pojok Thom Haye di sisi kiri, gelandang Jay Idzes melompat tinggi dan menyundul bola ke sudut jauh untuk menaklukkan kiper Filip sehingga membuka skor untuk Indonesia," tulis Vietnam VN.

Di menit-menit akhir pertandingan, para pemain Indonesia bermain ketat dan disiplin sehingga menyulitkan serangan tim Vietnam.

Di sisi lain, Vietnam justru kebobolan satu gol lagi dari Indonesua di detik-detik akhir perpanjangan waktu. Di pengujung pertandingan, Vietnam kalah dari Indonesia dengan skor 0-3.

Hasil buruk tersebut membuat tim Vietnam hanya mengumpulkan 3 poin setelah 4 pertandingan, sehingga menipiskan peluang mereka di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sementara itu, hasil ini membantu Indonesia sukses “memecahkan kebekuan” dengan meraih kemenangan pertamanya di Stadion My Dinh setelah 20 tahun.

Kemenangan ini sekaligus memberi mereka 7 poin dan kemungkinan mengikuti jejak Irak dengan tiket kedua mewakili Grup F di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia ke-3.

Baca juga: Alasan Kenapa Timnas Indonesia Pakai Lambang Garuda Bukan Logo PSSI?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com