Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation Resmi Beroperasi Hari Ini

Kompas.com - 25/03/2024, 16:30 WIB
Aditya Priyatna Darmawan,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi mengoperasikan kereta ekonomi Stainless Steel New Generation hari ini, Senin (25/3/2024).

Kereta ekonomi Stainless Steel New Generation yang pertama kali dioperasikan hari ini ikut dalam rangkaian KA Majapahit relasi Malang-Pasar Senen.

Sementara kereta Stainless Steel New Generation KA Majapahit relasi Pasar Senen-Malang akan beroperasi pada Selasa (26/3/2024).

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, kereta ekonomi jenis tersebut merupakan bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation periode 2023-2026 yang didatangkan dari PT Industri Kereta Api (INKA).

“Peningkatan pelayanan pada KA kelas ekonomi ini adalah sebagai wujud komitmen KAI dalam mendengarkan kebutuhan dan masukan dari para pelanggan, untuk dapat terus meningkatkan pelayanan dan customer experience. Sehingga tetap relevan dengan perkembangan zaman,” kata Joni kepada Kompas.com, Minggu (24/3/2024).

Baca juga: Cara Reschedule Tiket Kereta Api pada Masa Libur Lebaran 2024

Keunggulan kereta ekonomi Stainless Steel New Generation

Joni menyampaikan, jumlah tempat duduk dalam satu kereta ekonomi Stainless Steel New Generation sebanyak 72 kursi, dengan formasi 2-2.

Sehingga, leg room atau ruang untuk kaki nantinya menjadi lebih luas dari kereta ekonomi sebelumnya yang berkapasitas 80 dan 106 kursi.

Adapun jenis kursinya juga sudah menggunakan tipe captain seat yang membuat pelanggan semakin nyaman saat bersandar.

Selain itu, kursi kereta Stainless Steel New Generation juga bisa diatur kemiringannya (reclining) dan disesuaikan searah laju kereta api atau berhadapan (revolving).

Baca juga: KAI Gelar Promo Ramadhan Mulai 20 Maret, Harga Tiket Kereta Eksekutif Mulai Rp 75.000

“Keunggulan (lain) kereta ekonomi Stainless Steel New Generation ini di antaranya pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta sudah menggunakan pintu elektrik otomatis,” ucap Joni.

“Hal ini akan semakin memudahkan pelanggan dalam membuka ataupun menutup pintu tanpa mengeluarkan banyak energi. Suara aktivitas buka-tutup pintu pun menjadi lebih senyap,” sambungnya.

Di samping itu, terdapat Passenger Information Display System (PIDS) yang tersedia di masing-masing kereta untuk menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan.

PIDS tersebut, menurut Joni, berguna dalam membantu menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan menyediakan informasi penting bagi pelanggan selama perjalanan.

Baca juga: Ramai soal Waktu Tunggu Antre Beli Tiket Kereta Bertambah, Ini Kata KAI

Kereta makan rangkaian ekonomi Stainless Steel New GenerationDok. PT KAI. Kereta makan rangkaian ekonomi Stainless Steel New Generation

Untuk kebutuhan pengisian daya gadget pelanggan, KAI menambah USB charger port pada masing-masing kursi, di samping stop kontak yang telah tersedia di dinding kereta.

Adanya tambahan fasilitas pengisian daya tersebut membuat penumpang dapat terus menggunakan gawainya tanpa khawatir kehabisan daya, sesuai dengan kebutuhan modern.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com