Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurgen Klopp Ungkap Alasan Mundur dari Pelatih Liverpool, Apa Penyebabnya?

Kompas.com - 27/01/2024, 20:00 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jurgen Klopp mengumumkan pengunduran dirinya dari kursi kepelatihan Liverpool, Jumat (26/1/2024). 

Pelatih berusia 56 tahun tersebut meninggalkan Liverpool pada akhir musim 2023/2024 setelah mengomando The Reds selama sembilan musim.

Beberapa staf kepelatihan, seperti Pepijn Lijnders, Peter Krawietz, dan Vitor Mato juga akan mengikuti keputusan Klopp hengkang dari Liverpool.

Mundurnya Klopp sebagai pelatih Liverpool terbilang mengejutkan karena ia baru saja mengantarkan The Reds menembus final Carabao Cup.

Di bawah tangan dingin Klopp, Liverpool telah merengkuh tujuh gelar juara, seperti Liga Champions, Liga Inggris, dan Piala Dunia Antarklub.

"Saya paham, keputusan ini bisa mengejutkan banyak orang saat ini," ujar Klopp, dalam pernyataan resminya, dikutip dari laman situs Liverpool.

Baca juga: Sejarah Lagu You’ll Never Walk Alone Milik Liverpool yang Ikonik

Alasan Jurgen Klopp mundur dari pelatih Liverpool

Kepada Liverpool, Klopp menyatakan alasannya mundur dari kursi pelatih karena ia merasa kehabisan energi mengurus timnya.

Klopp kali pertama bergabung dengan Liverpool pada 2015, setelah Brendan Rodgers didepak dari kursi pelatih.

Menurut Klopp, energinya banyak terkuras ketika musim lalu dirinya gagal membawa Liverpool lolos ke Liga Champions untuk kali pertama dalam tujuh tahun terakhir.

Klopp mulai menyadari kondisi mentalnya tak lagi prima ketika ia merencanakan kompetisi pramusim 2024/2025, November 2023 lalu.

"Saya gembira saat menyadari betapa bagusnya tim ini. Saat ini, saya mencintai setiap menitnya. Hanya saja, ada banyak hal yang harus dilakukan. Perencanaan, jendela transfer, perencanaaan pramusim," jelas Klopp dikutip dari The Guardian.

Baca juga: Jadwal Laga Indonesia Vs Australia di Piala Asia 2023 dan Sejarah Head to Head Keduanya

"Semua hal tersebut harus dilakukan. Saya sering menjalani enam konferensi pers dalam seminggu selama sembilan tahun. Saya tidak sabar menunggu saat-saat ketika saya tidak harus melakukan itu semua," sambung dia.

Setelah mengambil keputusan cabut dari Liverpool, Klopp menyatakan tidak akan menerima tawaran melatih klub atau timnas selama satu tahun. Ia juga emoh kembali lagi ke Inggris.

Klopp berharap pengumumannya mundur dari kursi pelatih akan membangkitkan semangat Liverpool untuk meraih trofi di musim terakhirnya.

Ia juga berharap pengumuman pergi dari Liverpool akan membangkitkan semangat The Reds untuk meraih trofi di musim terakhirnya di klub yang selama ini menjadi idolanya.

Baca juga: Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, Ini Update Posisi Indonesia di FIFA Ranking

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com