Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Terjadi pada Tubuh Ketika Minum Teh Setiap Hari?

Kompas.com - 10/09/2023, 07:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com Teh adalah salah satu minuman yang populer di dunia.

Selain itu, teh juga dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit kronis.

Dikutip dari Healthline, kebanyakan orang dapat minum 3–4 cangkir (710–950 ml) teh setiap hari tanpa efek samping. Namun, beberapa orang mungkin juga akan mengalami efek samping pada dosis yang lebih rendah.

Teh banyak dikonsumsi karena khasiat penyembuhannya dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad.

Selain itu, penelitian modern menunjukkan bahwa senyawa tumbuhan dalam teh juga berperan dalam mengurangi risiko kondisi kronis, seperti kanker, obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Lantas, apa saja manfaat minum teh setiap hari dan apakah ada efek sampingnya?

Baca juga: 6 Teh yang Cocok Diminum Saat Sakit Tenggorokan, Apa Saja?

Manfaat minum teh setiap hari

Teh adalah salah satu minuman yang mengandung kafein.SHUTTERSTOCK/Pixel-Shot Teh adalah salah satu minuman yang mengandung kafein.
1. Tekanan darah lebih stabil

Menurut sebuah studi yang diterbitkan Advances in Nutrition tahun 2022, teh mengandung flavan-3-ols yang merupakan subkelompok flavonoid atau senyawa tumbuhan sehat yang ditemukan di banyak makanan dan minuman, dilansir dari eatingwell.

Flavan-3-ols adalah senyawa tanaman yang ditemukan dalam teh asli. Senyawa ini dikaitkan dengan manfaat kesehatan jantung, termasuk penurunan tekanan darah, kolesterol, dan gula darah.

Untuk itu, disarankan untuk mengonsumsi 400 hingga 600 mg flavan-3-ols setiap hari atau setara dengan dua cangkir teh hitam atau hijau.

Baca juga: 5 Efek Samping Minum Teh Susu Setiap Hari bagi Kesehatan, Apa Saja?

2. Risiko penurunan jenis kanker tertentu

Risiko kanker dapat dipengaruhi oleh banyak faktor dan beberapa di antaranya berada di luar kendali, misalnya genetika.

Di antara faktor-faktor yang berperan dalam risiko kanker, minum teh mungkin merupakan salah satu faktor yang memiliki efek perlindungan.

Data yang dipublikasikan dalam studi Advances in Nutrition pada tahun 2020 juga menunjukkan bahwa konsumsi teh mungkin memiliki efek perlindungan terhadap beberapa jenis kanker, khususnya kanker mulut.

Sementara itu, polifenol teh yang memiliki sifat antioksidan dapat menyerap radikal bebas yang berkontribusi terhadap perkembangan kanker dan menekan pertumbuhan sel kanker.

3. Meningkatkan fokus

Teh hijau mengandung L-theanine, asam amino yang terbukti berdampak pada kesehatan otak.

Menurut sebuah studi pada 2021 yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food, L-theanine yang ditemukan dalam teh mungkin berperan dalam meningkatkan perhatian, yang pada akhirnya meningkatkan memori kerja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com