Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Ghazali dan El Rumi Gabung Partai Gerindra, Pengamat: Jangan Jadi Vote Gater Saja!

Kompas.com - 28/04/2023, 13:30 WIB
Alinda Hardiantoro,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dua putra musisi Ahmad Dhani, Al Ghazali dan El Jalaludin Rumi resmi bergabung dengan Partai Gerindra, Kamis (27/4/2023).

Keduanya mengikuti jejak sang ayah yang sudah terlebih dulu mencoba peruntungan di dunia politik dengan bergabung di partai yang sama.

Dimintai tanggapan, pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Cecep Hidayat mengatakan, masuknya kedua anak muda itu menjadi salah satu strategi Partai Gerindra untuk menghadapi pemilihan di 2024.

"Itu sih pasti untuk memperluas basis elektoral, termasuk menjadi vote gater (penarik suara)," ujarnya, saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (20/4/2023).

Baca juga: Al Ghazali dan El Rumi Resmi Gabung Gerindra

Menurut Cecep, Partai Gerindra perlu memperluas basis elektoralnya, khususnya pada generasi Z dan milenial.

"Jadi ke semua pemilih dia (Gerindra) harus bisa meraih ceruk suara," imbuhnya.

Fakta bahwa pemilih pemilu 2024 baik pileg atau pilpres didominasi oleh kaum muda jelas menjadi faktor penting tergabungnya Al Ghazali dan El Rumi ke partai besutan Prabowo Subianto tersebut.

Cecep mengapresiasi keputusan Al dan El terjun ke dunia politik.

Kendati demikian, ia menaruh harapan agar kedua anak muda tersebut tak hanya menjadi vote gater, tetapi juga bisa aktif dalam partai.

"Jangan semata-mata Al dan El ini menjadi vote gater aja. Tapi bagaimana mereka memang bisa memberi warna terhadap partai politik," tandas dia.

Baca juga: Gerindra dan PDI-P Mesra, PKB Gigit Jari?

Sudah menargetkan sejak 2014

Terpisah, dosen Fakultas Sosial Politik UGM, Kuskridho Ambardi mengatakan, Partai Gerindra memang telah menargetkan kaum muda sejak 2014.

Oleh karena itu, Dodi, begitu sapaan akrab Kuskridho, menyebut bergabungnya Al dan El ke Partai Gerindra bukanlah hal yang kebetulan.

"Dua anak muda itu adalah anak Ahmad Dhani yang sudah dengan Gerindra lama. Itu terusan bapaknya juga," ujar kepada Kompas.com, Jumat.

Menurut Dodi, Gerindra memang lebih intensif mendekati pemilih kaum muda dengan strategi yang terprogram.

"Secara rutin, partai itu mengajak kaum muda dan merancang kegiatan untuk kaum muda," ucapnya.

Baca juga: Viral, Twit soal Giveaway Tiket Konser Blackpink Disebut Jadi Ajang Kepentingan Politik, Gerindra: Hanya Bagikan Kegembiraan

Klaim partai anak muda

Diberitakan Kompas.com  Kamis (27/4/2023), Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengklaim partainya adalah partai kaum muda.

"Kita Gerindra adalah partainya anak muda. Dan kita bertekad bahwa Gerindra harus menjadi partai masa depan," ujarnya saat mengumumkan bergabungnya Al Ghazali dan El Rumi di kediamannya, Jalan Kartanegara, Jakarta Selatan, Kamis.

Oleh sebab itu, Prabowo berujar, Gerindra berusaha menyiapkan kader muda sebagai penerus generasi sebelum-sebelumnya.

Dia juga berujar bahwa dalam beberapa minggu ke depan akan ada banyak anak muda yang bergabung ke Gerindra.

Baca juga: Soal Wacana Jadi Cawapres Ganjar, Prabowo: Partai Saya Mencalonkan Saya sebagai Capres

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com