Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Kanker Tulang Disebabkan oleh Benturan, Benarkah? Ini Penjelasan Dokter

Kompas.com - 21/03/2023, 19:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Media sosial Twitter tengah diramaikan dengan topik kanker tulang. Hal tersebut bermula dari unggahan akun ini yang dibuat pada Senin (20/3/2023). 

Dari unggahan tersebut, banyak warganet yang berkomentar dan menyebutkan bahwa mereka memiliki teman, saudara, dan anggota keluarga yang mengidap kanker tulang yang diakibatkan karena benturan atau akibat terjatuh.

Seperti halnya yang disampaikan beberapa warganet berikut:

"Jadi inget dulu alm. sodaraku cowok waktu itu dia pas SMA, kena kanker tulang. Penyebabnya karena benturan, memang waktu itu sempet jatuh waktu main bola sama temen²nya. Tapi mungkin disini ada yg bisa sharing? Apa emang rata² karena benturan aja/ada faktor pendukung lain ya?," tanya akun ini

"Kurang tau, tapi almh ibu gue sempet jatoh dari motor, gak lama ada diagnosa kanker tulang. Kalau faktor lain kayaknya dari genetik juga ada? Soalnya hampir semua keluarga almh ibu meninggal karena kanker," tulis akun ini.

"Alm. katingku juga gitu awalnya jatuh pas ngedance di salah satu event trs malah kena kanker tulang," ungkap akun ini.

Baca juga: Benarkah Pen yang Tidak Dilepas Bisa Menyebabkan Tulang Keropos?

Lantas, benarkah kanker tulang bisa disebabkan karena benturan?


Baca juga: Berapa Banyak Tulang dalam Tubuh Manusia?

Penjelasan dokter

Dokter Spesialis Bedah Ortopedi dan Traumatologi RSCM Jakarta Achmad Fauzi Kamal mengatakan bahwa benturan atau jatuh yang dialami seseorang itu tidak secara langsung berhubungan dan menjadi penyebab dari kanker tulang.

"Jatuh (atau benturan) tidak serta-merta menjadi penyebabnya, namun hal tersebut bisa mendorong seseorang untuk berobat ke dokter yang akhirnya diketahui adanya kanker tulang. Jadi memang sudah memiliki kanker tulang sebelumnya," jelasnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (21/3/2023).

Ia menjelaskan, bahwa kanker tulang terjadi melalui rangkaian kompleks. Terdapat pemicu perubahan gen yang merangsang pertumbuhan sel berlebihan dan penghambatan sel yang menahan percepatan sel tumbuh.

"Pemicu perubahan gen tersebut mungkin memang akibat kelainan dari lahir atau setelah lahir," katanya lagi..

Jika seseorang mengalami trauma (benturan) ringan atau pernah terjatuh, hal itu bisa saja menyebabkan tulang patah pada area yang sudah terdapat kelainan kankernya.

Hal ini dikarenakan tulangnya sudah lebih lemah atau bahkan rapuh akibat kanker, jadi dengan adanya trauma atau benturan ringan saja bisa patah.

Baca juga: Tips Menjaga Kepadatan Tulang Usia 50 Tahun ke Atas

Penyebab dan gejala kanker tulang

Ilustrasi kanker tulang. Kanker tulang adalah salah satu jenis penyakit tulang yang berbahaya.SHUTTERSTOCK/Yok_onepiece Ilustrasi kanker tulang. Kanker tulang adalah salah satu jenis penyakit tulang yang berbahaya.

Achmad menyebutkan, kanker tulang bisa disebabkan karena adanya perubahan atau mutasi di dalam struktur DNA pengendali pertumbuhan sel, sehingga menjadikannya terus tumbuh di luar kendali. Misalnya radioaktif atau radiasi, zat-zat karsinogen, atau sindrom sejak lahir dengan kelainan genetik tertentu.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com