Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Camilan Tengah Malam yang Menyehatkan, Pisang, Telur, hingga Biji Labu

Kompas.com - 26/02/2023, 18:30 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Makan tengah malam diketahui dapat membuat kontrol berat badan lebih sulit. Namun, bagaimana jika Anda tiba-tiba merasa lapar di malam hari?

Mengonsumsi camilan di tengah malam ternyata tidak selalu buruk, terutama jika makanan yang dikonsumsi memiliki kalori di bawah 200.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apa saja makan yang bisa dikonsumsi malam hari tanpa perlu khawatir dengan kenaikan berat badan.

Baca juga: Mengenal Croffle, Cemilan Lezat yang Sedang Populer


Dilansir dari healthline, berikut adalah beberapa camilan yang sehat untuk Anda konsumsi di tengah malam:

1. Pisang dengan almond butter

Satu pisang kecil yang dicelupkan ke dalam satu sendok makan (16 gram) almond butter tanpa pemanis adalah paduan yang cocok dan bahkan dapat membantu Anda tidur nyenyak.

Pisang menjadi salah satu dari sedikit buah yang kaya akan serotonin saraf, dan beberapa di antaranya dikonversi oleh tubuh menjadi melatonin.

Almond dan almond butter juga memasok beberapa melatonin sekaligus menjadi sumber lemak sehat, vitamin E, dan magnesium.

Magnesium telah dikaitkan dengan tidur yang nyenyak, karena dapat mendukung produksi melatonin da dalam tubuh Anda.

2. Buah kiwi

Makan camilan tengah malam tanpa takut gemuk.iStockphoto/baona Makan camilan tengah malam tanpa takut gemuk.

Buahnya kiwi diketahui cukup bergizi dan rendah kalori. Di dalam dua buah kiwi hanya mengandung 84 kalori dan 4 gram serat.

Buah ini juga diketahui dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak karena mengandung sejumlah besar serotonin saraf yang memiliki efek rileks.

3. Biskuit dan keju

Makanan ringan yang menawarkan keseimbangan karbohidrat dan protein adalah biskuit gandum dan keju yang mendukung kadar gula darah konsisten.

Menggabungkan makanan kaya karbohidrat seperti biskuit dengan keju, membantu menyediakan triptofan lebih banyak untuk otak Anda.

Ini berarti bahwa, senyawa tersebut dapat digunakan untuk memproduksi serotonin dan melatonin, yang membantu Anda tertidur.

Baca juga: Kebiasaan Makan yang Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur

4. Sereal panas

Makan camilan tengah malam tanpa menambah berat badan.iStockphoto/Arx0nt Makan camilan tengah malam tanpa menambah berat badan.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com