Kompas.com - 01/08/2021, 15:13 WIB
ilustrasi croffle dengan saus cokelat. SHUTTERSTOCK/tyasindayantiilustrasi croffle dengan saus cokelat.

KOMPAS.com - Croffle kini tengah populer sebagai cemilan terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Perpaduan rasanya yang renyah sekaligus lembut bisa kamu temukan di croffle.

Tapi sebenarnya apa itu croffle? Nama croffle sendiri merupakan gabungan dari dua jenis makanan yakni croissant dan waffle.

Kedua jenis penganan ini sebenarnya memiliki bentuk yang berbeda. Croissant umumnya berbentuk seperti bulan sabit, sedangkan waffle memiliki banyak bentuk tergantung cetakannya.

Baca juga: 8 Tempat Makan Croffle di Jakarta, Harga Mulai Rp 18.000

Adonan croissant dan waffle pun berbeda. Croissant merupakan jenis pastry beragi yang harus diistirahatkan sebelum dibentuk dan dipanggang. Sementara adonan waffle bentuknya cair dan bisa langsung dipanggang setelah semua bahan dicampurkan.

Nah, bentuk dan adonan dari kedua jenis kue itulah yang kemudian dikombinasikan dan diberi nama croffle oleh seorang koki asal Dublin, Irlandia, yang bernama Louise Lennox.

Seperti diberitakan Kompas.com yang melansir The Taste (13/7/2021), semula Lennox memiliki ide untuk menyatukan dua jenis kudapan tersebut menjadi makanan penutup. Lennox kemudian mendapat tawaran dari Cuisine de France untuk mengembangkan idenya tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu pada 2017, croffle akhirnya dijual untuk pertama kali di sebuah kafe bernama La Petite Boulangerie milik Cuisine de France yang berlokasi di pusat Dublin.

Croffle yang ia sajikan dibuat dari adonan croissant yang kemudian dimasak dengan cara dipanggang dalam cetakan waffle.

Baca juga: Resep Croffle Pakai Pastry Sheet, Cuma Perlu 3 Bahan

Croffle cocok disajikan sebagai makanan penutup dengan cita rasa manis atau gurih, tergantung pada topping yang dibuat. Lennox dan Cuisine de France kemudian melanjutkan pengembangan croffle manis dengan isian alpukat, tomat manis, krim keju feta, dan taburan remah gremolata.

Tak lupa ada taburan hazelnut panggang cincang di atas croffle. Tak hanya croffle manis, Lennox dan Cuisine de France juga menciptakan croffle gurih dengan bumbu saus ayam.

ilustrasi croffle. SHUTTERSTOCK/Awesome_lia ilustrasi croffle.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.