Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Disadari, 8 Camilan Ini Biang Kerok Berat Badan Naik

Kompas.com - 14/08/2021, 20:30 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - Karbohidrat seperti nasi sering dituding menjadi biang kerok berat badan naik saat kita sedang diet. Namun, tak banyak yang menyadari bahwa camilan yang sepertinya remeh-juga mempengaruhi kenaikan berat badan.

Berbicara soal diet, para ahli gizi kerap menekankan rumus defisit kalori jika kita ingin sukses menurunkan berat badan. Tak cukup mengurangi porsi makanan, aktif berolahraga pun tak kalah penting.

Makin sering Anda berkeringat secara teratur, perlu dipastikan pula bahwa Anda mendapatkan asupan makanan dengan cara yang benar.

Makanan ringan contohnya, adalah salah satu hal sepele yang dapat menghambat Anda mencapai tujuan.

Meskipun kelihatannya tidak berbahaya, dalam jangka panjang, camilan ini sebenarnya bisa menjadi alasan Anda menambah berat badan alih-alih menurunkannya.

Baca juga: 15 Resep Camilan dari Tepung Beras yang Mudah dan Bahan Murah

Berikut ini adalah beragam camilan yang paling mungkin bisa membuat berat badan naik:

1. Keripik

Ada beberapa alasan kuat mengapa keripik mengkhawatirkan.

Dirangkum dari Eat This, rasa gurih yang ditawarkan sajian keripik kentang bisa menimbulkan ketagihan. Gara-gara ini pula, hampir tidak mungkin seseorang makan satu potongan keripik saja.

Padahal, asupan garam atau natrium dari keripik kentang yang berlebih bisa menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Selain itu, keripik kentang relatif tinggi lemak dan kalori yang dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan hingga obesitas.

Baik digoreng maupun dipanggang, keripik kentang tetap dianggap sebagai makanan “kalori kosong”, yakni makanan yang minum nutrisi.

Sebuah studi di Harvard menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi keripik kentang sebagai bagian dari makanan, mereka bertambah berat badan setiap tahun.

2. Donat

Merangkum Healthline, donat cenderung menjadi makanan tinggi kalori. Misalnya, dalam 1 buah donut glaze, bisa terkandung 240 kalori yang setengahnya adalah lemak.

Tak hanya tinggi kalori, donat juga rata-rata tinggi sodium, yakni bisa mencapai 210 mg per buah.

Padahal menurut American Heart Association, makanan dapat disebut rendah sodium jika mengandung 140 mg gram sodium atau kurang dalam satu porsinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com