Kompas.com - 14/08/2021, 18:31 WIB
Jenis kurma nabi atau kurma ajwa yang identik dengan kurma kesukaan Rasulullah, dijual di Pasar Tanah Abang Blok B, Rabu (23/5/2018). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAJenis kurma nabi atau kurma ajwa yang identik dengan kurma kesukaan Rasulullah, dijual di Pasar Tanah Abang Blok B, Rabu (23/5/2018).

KOMPAS.com - Kurma ajwa menjadi salah satu jenis kurma yang digemari banyak orang. Kabarnya, kurma ajwa adalah jenis kurma yang pertama kali ditanam oleh Nabi Muhammad SAW.

Akan tetapi, saat ini tak semua orang bisa membeli dan mengonsumsi kurma ajwa. Pasalnya, harga kurma ini cukup tinggi di pasaran.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (13/4/2021), harga kurma ajwa lebih mahal dibandingkan kebanyakan jenis kurma lainnya yakni sekitar Rp200.000 per kilogram.

Alasan kurma ajwa mahal

Dilansir dari DNA India melalui KOMPAS.com, bagi kelompok masyarakat yang lebih mengutamakan nilai-nilai religius dan khasiatnya bagi kesehatan, kurma ajwa tetap disukai meskipun harganya relatif mahal.

Kurma ajwa tetap digemari meski harganya mahal karena kurma ini diyakini sebagai salah satu favorit Nabi Muhammad SAW.

Baca juga: 5 Resep Minuman dari Kurma, Sajian Khas Ramadhan

Masyarakat pun percaya bahwa kurma ajwa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, sebagaimana yang disebutkan dalam hadis.

Kurma ajwa dapat melindungi tubuh dari sel kanker dan racun berbahaya.

Kurma ajwa diyakini mampu mencegah penyakit kanker dan melawan racun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Dilansir dari Arab News melalui KOMPAS.com, kurma ini mengandung protein, asam folat, zat besi, kalsium, dan antioksidan yang cukup tinggi.

Bukan cuma soal nilai religius dan khasiat kesehatan yang dimilikinya, kurma ajwa dibanderol dengan harga tinggi juga karena memiliki kualitas dan rasa yang berbeda dari jenis kurma kebanyakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.