Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harganya Mahal, Begini Cara Memilih Kurma Ajwa yang Asli

KOMPAS.com - Kurma ajwa menjadi salah satu jenis kurma yang digemari banyak orang. Kabarnya, kurma ajwa adalah jenis kurma yang pertama kali ditanam oleh Nabi Muhammad SAW.

Akan tetapi, saat ini tak semua orang bisa membeli dan mengonsumsi kurma ajwa. Pasalnya, harga kurma ini cukup tinggi di pasaran.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (13/4/2021), harga kurma ajwa lebih mahal dibandingkan kebanyakan jenis kurma lainnya yakni sekitar Rp200.000 per kilogram.

Alasan kurma ajwa mahal

Dilansir dari DNA India melalui KOMPAS.com, bagi kelompok masyarakat yang lebih mengutamakan nilai-nilai religius dan khasiatnya bagi kesehatan, kurma ajwa tetap disukai meskipun harganya relatif mahal.

Kurma ajwa tetap digemari meski harganya mahal karena kurma ini diyakini sebagai salah satu favorit Nabi Muhammad SAW.

Masyarakat pun percaya bahwa kurma ajwa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, sebagaimana yang disebutkan dalam hadis.

Kurma ajwa dapat melindungi tubuh dari sel kanker dan racun berbahaya.

Kurma ajwa diyakini mampu mencegah penyakit kanker dan melawan racun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Dilansir dari Arab News melalui KOMPAS.com, kurma ini mengandung protein, asam folat, zat besi, kalsium, dan antioksidan yang cukup tinggi.

Bukan cuma soal nilai religius dan khasiat kesehatan yang dimilikinya, kurma ajwa dibanderol dengan harga tinggi juga karena memiliki kualitas dan rasa yang berbeda dari jenis kurma kebanyakan.

Kurma ajwa memiliki rasa yang mirip dengan kismis, tidak terlalu manis dan terdapat sedikit rasa asam. Selain itu, daging buah kurma ajwa juga cukup tebal dan lembut saat dikunyah.

Cara memilih kurma ajwa

Biasanya, seseorang membeli kurma ajwa bukan hanya untuk menjadi konsumsi pribadi, tetapi juga untuk dibagikan atau menjadi hadiah kepada orang lain.

Di beberapa toko, kurma ajwa dibungkus dengan kemasan yang mewah. Bahkan di Arab, banyak yang menjual kurma ajwa yang telah dilapisi cokelat, madu, atau bubuk buah kering.

Lantas bagaimana cara memilih kurma ajwa yang asli dan berkualitas? Pilihlah yang berukuran kecil dan memiliki garis tengah di permukaanya.

Kedua hal itulah yang menjadi tanda bahwa kurma ajwa yang diberi memang asli dan telah matang sempurna.

(Editor: Lea Lyliana)

Sumber: KOMPAS.com

https://www.kompas.com/tren/read/2021/08/14/183100265/harganya-mahal-begini-cara-memilih-kurma-ajwa-yang-asli

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke