Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2021, 08:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Sebagian orang sangat menyukai camilan. Namun, apakah mungkin menurunkan berat badan walau tetap makan camilan? Simak terus untuk tahu camilan untuk menurunkan berat badan.

Dilansir dari Healthline, berikut tujuh camilan untuk menurunkan berat badan.

Kacang-kacangan

Kacang adalah camilan yang bernutrisi. Makanan ini dikenal mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan bisa membantu mencegah beberapa penyakit lainnya, seperti kanker, depresi, dan penyakit lainnya.

Walaupun mengandung lemak yang cukup tinggi, beberapa studi justru menunjukkan kacang bisa membantu menurunkan berat badan. Kacang mengandung nutrisi tinggi seperti lemak baik, protein, dan serat.

Baca juga: Jangan Senang Dulu Saat Berat Badan Turun Tanpa Sebab, Bisa Jadi Tanda Penyakit

Greek yoghurt dan buah beri

Greek yoghurt tawar dan buah beri memiliki rasa yang sangat enak dan merupakan camilan bernutrisi tinggi. Yoghurt sendiri mengandung protein, kalsium, dan potasium. Sedangkan buah beri kaya akan antioksidan. Kombinasi keduanya menawarkan camilan sehat bernutrisi tinggi dan rendah kalori.

Apel dengan selai kacang

Apel dengan selai kacang memiliki rasa yang sangat enak jika dikombinasikan. Apel merupakan buah yang kaya serat dan antioksidan, mampu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Selai kacang bisa menambah manfaat untuk kesehatan jantung. Selai kacang terbukti mampu meningkatkan kadar kolesterol baik serta menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida.

Namun, karena kacang mengandung lemak yang cukup tinggi, bijaklah dalam membatasi konsumsi selai kacang.

Kale chips

Kale adalah salah satu sayuran yang luar biasa karena kaya serta dan antioksidan, seperti quercetin dan kaempferol. Senyawa ini bisa menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko terkena kanker usus.

Dengan mengonsumsi secangkir sayur kale, Anda telah memenuhi lebih dari cukup kebutuhan nutrisi harian vitamin A, C, dan K Anda. Membuat keripik kale sangat mudah. Anda hanya perlu memanggangnya di dalam oven selama 1- sampai 15 menit dengan sedikit minyak zaitun dan garam.

Cokelat hitam dan kacang almond

Cokelat hitam mengandung flavanol yang bisa menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung. Sedangkan kacang almond kaya akan lemak tidak jenuh, memiliki manfaat untuk mengontrol kadar gula darah, dan menurunkan nafsu makan yang bisa membantu diet.

Baca juga: 6 Manfaat Cabai, Turunkan Berat Badan hingga Mengobati Flu

Buah potong

Camilan sehat itu tidak sulit. Dengan memakan makanan yang sederhana seperti buah, ini sudah cukup untuk dijadikan camilan. Anda bisa mencoba buah yang mudah dibawa seperti pisang, apel, pir, anggur, dan jeruk.

Chia pudding

Biji chia mengandung serat dan kaya antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Walaupun rasanya tawar, chia mengandung kalori yang rendah dan baik untuk diet. Anda hanya perlu memasukkan satu sendok makan biji chia ke dalam setengah gelas susu kesukaan Anda dan menambahkan topping yang Anda inginkan.

Itu dia 7 camilan untuk menurunkan berat badan yang bisa Anda konsumsi. Semoga sehat selalu, ya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com