Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Asing Soroti Penyanderaan Pilot dan Pembakaran Susi Air di Papua

Kompas.com - 09/02/2023, 07:15 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pembakaran pesawat sekaligus penyanderaan pilot Susi Air menjadi sorotan beberapa media internasional dalam beberapa jam terakhir.

Dilansir dari Kompas.com, pesawat Susi Air dengan nomor penerbangan PK-BVY ditemukan terbakar di Landasan Terbang Paro, Paro, Nduga, Papua Pegunungan pada Selasa (7/2/2023).

Peristiwa pembakaran diketahui setelah pilot Susi Air dengan nomor penerbangan PK-BVC melaporkan PK-BVY terbakar tanpa ada orang di sekeliling pesawat ini.

Baca juga: TNI Diminta Bentuk Tim Operasi Khusus Pembebasan Pilot Susi Air yang Disandera KKB

Pilot Susi Air asal Selandia Baru, Philip Max Martin, beserta lima penumpang termasuk satu bayi yang berada di pesawat juga dilaporkan hilang usai diduga disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Berikut deretan pemberitaan media internasional seputar pembakaran pesawat dan hilangnya pilot beserta penumpang Susi Air di Nduga, Papua Pegunungan.

1. Bangkok Post

Bangkok Post menerbitkan berita soal peristiwa pembakaran dan penyanderaan pilot beserta penumpang Susi Air dengan judul "Pemberontak Sandera Pilot Selandia Baru di Papua".

Media ini mengatakan, pilot Selandia Baru telah disandera oleh kelompok separatis di wilayah timur Indonesia yang ingin memisahkan Papua dari negara ini.

Bangkok Post juga melaporkan terjadi pembakaran pesawat Susi Air di sebuah bandara yang letaknya di pegunungan terpencil.

Di sisi lain, Bangkok Post mengutip pernyataan juru bicara (jubir) Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Sebby Sambom kepada AFP.

"Pilot sudah dibawa ke markas TPNPB, sangat jauh di kabupaten lain," ujar Sebby dikutip dari Bangkok Post, Rabu (8/2/2023).

"Butuh waktu lama untuk sampai ke sana, mungkin satu atau dua hari, Mereka mungkin akan tiba hari ini," lanjutnya.

Baca juga: Panglima TNI Upayakan Evakuasi Pilot-Penumpang Susi Air yang Hilang di Nduga Dilakukan Hari Ini

2. CNN

CNN turut menyoroti peristiwa pembakaran pesawat yang dibarengi dengan aksi penyanderaan pilot dan penumpang Susi Air.

Media asal Amerika Serikat (AS) tersebut memberitakan, pesawat Susi Air yang dibakar mengangkut lima penumpang, termasuk satu bayi.

Keberadaan mereka belum diketahui hingga Rabu (8/2/2023) dan tim gabungan dari personil TNI dan Polri diterjunkan untuk mencari keberadaan pilot dan penumpang Susi Air yang disandera KKB.

"Pada hari Selasa, TPNPB mengatakan telah membakar pesawat di lapangan terbang dan menangkap pilot sebelum menyanderanya," tulis CNN.

"Ia adalah sandera kedua kami," tambah CNN sambil mengutip pernyataan petinggi TPNPB Eganus Kogeya.

Baca juga: Panglima TNI Bantah Pilot Susi Air Disandera KKB: Dia Menyelamatkan Diri

CNN mengatakan, Kogeya memberikan dua permintaan kepada Indonesia apabila ingin pilot Susi Air dibebaskan.

Ia menuntut Indonesia untuk menghentikan semua penerbangan menuju Bandara Paro dan meminta pengakuan atas kemerdekaan Papua.

Padahal, kata CNN, Indonesia telah menetapkan TPNPB yang menjadi otak sekaligus aktor di balik aksi teror di Papua sebagai kelompok teroris.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com